Senator Ajbar Pimpin Delegasi DPD-RI ke Slovakia

oleh

POLEWALI, mandarnesia.com — Senator pemilik tagline #WeCan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Barat Ajbar melakukan kunjungan bilateral dengan Slowakia.

Membaca kembali hubungan Indonesia dan Slowakia yang telah terjalin baik berupa hubungan diplomatik sejak 1993. Kunjungan Tingkat Tinggi dilakukan pada tahun 2002 era Presiden Megawati dan tahun 2011 dilakukan kunjungan balasan oleh Presiden Slowakia ke Indonesia.

Hubungan bilateral pada 9 sektor prioritas yaitu: Ketahanan Pangan, Energi Terbarukan, Perdagangan dan Investasi, Perbankan, Media Massa dan Penyiaran, Kerjasama antar Lembaga Pendidikan Tinggi, Infrastruktur dan Manufaktur, Pariwisata, People-to-people Contact (Kerjasama sosial dan budaya), (Sumber data : kemlu.go.id).

Hubungan kedua negara ini menonjolkan dua sektor yaitu: Perdagangan Eskpor Utama RI ke Slovakia: seperti alas kaki, produk makanan, garmen dan pakaian olah raga, aksesoris, furnitur, kerajinan tangan, kopi, dan teh.

Pada bidang wisata, jumlah wisatawan dari Slovakia yang mengunjungi Indonesia pun menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2017, jumlah wisatawan sebanyak 8.368 orang, meningkat sebesar 164% dalam kurun waktu 5 tahun. (sumber data: Ditjen Imigrasi, Kemkumham).

Dua sektor tersebut saja, Indonesia memiliki keuntungan yang strategis untuk kemajuan bangsa, dan tentu hal itu bisa diadopsi ke daerah, khususnya untuk Provinsi Sulawesi Barat sebagai daerah asal Senator Ajbar. Lebih khusus lagi Kabupaten Polewali Mandar yang juga memiliki potensi perdagangan seperti kopi, makanan olahan UMKM dan kriya.

Kunjungan delegasi Anggota DPD RI asal Sulawesi Barat ini juga lebih mempertegas lagi hubungan bilateral kedua negara yang semakin solid, demi kemajuan sektor-sektor tersebut di atas yang tentunya bisa memberikan dampak positif untuk kemajuan kebangkitan masyarakat khususnya bidang ekonomi setelah ‘dibantai’ pandemi covid19.

Ada hal menarik bagi Senator ketika diterima Wakil Menteri Luar Negeri Slovakia, yang dengan sengaja menggunakan batik dari Indonesia.

“Terimakasih wakil menteri luar negeri Slovakia telah menyiapkan waktunya secara serius untuk menerima kami, bahkan dengan sengaja menggunakan batik dari Indonesia sebagai bentuk penghargaan kepada tamu dari Indonesia,” ungkap Ajbar pada akun media sosialnya.

Ajbar juga berkunjung ke parlemen Slovakia dan Kedubes RI dengan titik diskusi panjang tentang investasi dan digitalisasi Slovakia.

Harapan besar juga, bagi daerah asal Senator Ajbar sebagai pemimpin delegasi DPD RI tersebut, bisa memberikan sumbangsih tersendiri bahkan membuat jalinan kerjasama lokal-internasional, khusus untuk Sulawesi Barat dan Polewali Mandar dengan potensi lokal yang bisa dijadikan komoditi produk ekspor ke Luar Negeri khusus ke Slovakia. Seperti kopi, produk olahan makanan UMKM dan kerajinan tangan UMKM. (lis/wm/*)

Istri Senator Ajbar, Hj. Malahayati Hakim memberikan oleh-oleh “Abon Mama Aji” dari Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. untuk Ibu Kadubes Slovakia. (fb: Malahayati Hakim)