Sampah, Masalah Utama di Wonomulyo

oleh
Sampah, Masalah Utama di Wonomulyo -

WONOMULYO — Kebiasaan warga yang masih banyak membuang sampah atau limbah ke alirah ledeng membuat pemandangan yang tak sedap. Pemandangan tak sedap ini dapat dilihat di sekitar Kota Wonomulyo.

Membuang sampah ke aliran sungai atau ledeng merupakan suatu hal yang buruk bahkan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Azam (18), alah satu warga yang rumahya  berhadap lansung ke arah ledeng mengatakan, “Sampahnya menggangu karena dibuang ke ledeng,” keluh Azam.

Sampah yang ada dibuang ke ledeng juga mengeluarkan bau yang menggangu kenyamanan. Sebagian orang yang melintasi jalan atau menyebrang dari Ujung Baru dengan Cirebon, misalnya, sangat mengeluhkannya.

Arus utama air ini yang datang dari arah Sugiwaras menuju ke Sidorejo. Jika airnya sedang tinggi maka sampah akan hinggap di jembatan dan juga pintu air. Sampah akhirnya menumpuk hingga berhari-hari.

Seorang warga bernama Tono, mengatakan, “Sampah yang di ledeng sudah berhari-hari ada di sini, jika kita lewat saya mencium bau yang busuk.”

#AgungHidayat