Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Resensi Novel Rain Affair, Ketika Hujan Aku Jatuh Cinta

Oleh: Saputri, Mahasiswa Unasman

Novel ini menceritakan kisah cinta seorang cewek bernama Lea, sosok gadis yang tampak tangguh namun sebenarnya rapuh. Ia memiliki seorang kekasih bernama Noah. Noah sendiri adalah seorang workaholic, setiap hari waktunya selalu dihabiskan untuk mengurus pekerjaannya sebagai design interior. Noah sangat dicintai oleh Lea, namun masalahnya Noa tidak memiliki perasaan yang sama seperti Lea. Sebenarnya rasa rasa sayang yang Noah miliki untuk Lea rasa sayang seperti teman. Noah menerima Lea menjadi pacarnya karena hanya untuk menebus rasa bersalah Rissa yang tak lain adalah kakak kandung Lea.

Selama Noah dan Lea memutuskan untuk berpacaran banyak sekali kebohongan-kebohongan yang selalu dibuatĀ  oleh Noah. Lea sering sekali merasa diabadikan oleh Noah, namun Lea beruntung karena ia memiliki dua orang sahabat yang sangat peduli kepadanya yaitu Audrey dan Rendy.

Nathan adalah seorang design interior. Suatu hari ia pergi ke sebuah rumah sakit di daerah Bandung untuk menjenguk sahabatnya. Namun ketika Nathan tiba di gerbang rumah sakit. Nathan melihat seorang cewek berambut pendek yang baru saja terjatuh di bawah derasnya hujan akibat tertabrak seorang laki-laki paruh baya, kemudian Nathan menghampiri cewek itu dan memayungi cewek tersebut menggunakan payungnya. Setelah itu mereka jalan bersama ke dalam lobi rumah sakit, tak lama setelah itu cewek tersebut pergi. Sayangnya pada saat itu Nathan belum sempat berkenalan dengan cewek tersebut, dan ia pun tidak pernah lagi bertemu dengan cewek tersebut.

Sampai suatu saat Nathan sangat kaget ketika melihat cewek berambut pendek yang pernah ia temui di sebuah rumah sakit di Bandung itu datang bersama dengan temannya Noah ke restoran Noodle. Namun ternyata pada saat itu Lea tidak menyadari bahwa ia pernah berkenalan dengan Nathan. Ternyata Lea, Noah dan Nathan tinggal di apartemen yang sama.

Lea sangat bosan dengan suasana apartementnya, sehingga Lea meminta Noah untuk merenovasi apartementnya. Noah pun mau untuk merubah suasana apartemen Lea. Namun tidak disangka ternyata Noah malah meminta tolong Nathan untuk merenovasi apartemen Lea tetapi dengan tetap merahasiakannya dari Lea, Nathan pun mengiyakannya.

Setelah selesai merenovasi apartemen Lea, Noah mengajak Lea untuk melihat suasana baru apartemennya, dan Lea pun sangat terkejut melihatnya suasana baru apartemennya itu. Di dinding apartementnya terdapat sebuah lukisan yang sangat indah, itu adalah lukisan sebuah bunga. Lea pun menanyakan nama bunga tersebut. Noah sangat terkejut mendengarkannya dan segera memberi penjelasannya sesuai dengan apa yang ia tahu. Lea pun merasa aneh dengan jawaban Noah.

Setelah beberapa lama, Nathan pun semakin tau banyak hal tentang Lea begitu juga dengan hubungannya dengan Noah yang penuh dengan keributan. Nathan juga jadi semakin sering mendengarkan curahan hati Lea, Noah juga sering meminta tolong kepada Nathan untuk menemani Lea di saat Noah tidak bisa berada di samping Lea. Suatu hari pada saat Lea berkunjung ke apartemen Nathan, Lea melihat setumpukan kertas yang tak lain adalah kertas adalah kertas proyek renovasi apartemen miliknya, Lea sangat terkejut dan dia mulai tahu bahwa selama ini Noah telah membohonginya.

Kesedihan demi kesedihan yang dialami Lea membuat rasa simpatik Nathan, Nathan selalu berusaha untuk menghibur Lea. Sampai suatu saat Lea mengetahui semua kebohongan yang telah dilakukan oleh Noah selama ini. Nathan pun tinggal diam ia tidak bisa menerima saat mengetahui Noah telah menyia-nyiakan Lea.

Lea pun sadar bahwa Noah bukanlah orang yang pantas untuk dia cintai dan ia juga tidak bisa memaksa seseorang untuk mencintainya. Akhirnya Lea sadar bahwa selama ini orang yang telah mencintainya secara tulus adalah Nathan orang yang sebenarnya sudah ia kenal sejak setahun lalu. Nathan pun berjanji untuk selalu ada disisi Lea.

Kelebihan dari novel Rain Affair ini adalah cerita yang dituliskan oleh penulis mampu membuat pembaca merasakan apa yang dituliskan dalam cerita tersebut. Pada saat sedang menceritakan suasana sedih, kata-katanya mampu membuat pembacanya merasa sedih pula. Begitu juga sebaliknya. Novel ini juga memberikan kita nilai-nilai persahabatan yang bisa kita contoh untuk kehidupan kita di dunia nyata.

Kekurangan, cerita dalam novel Rain Affar ini sebenarnya sudah bagus, namun hanya saja pada saat membaca novel tersebut ada bagian di mana antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya seperti membingungkan ceritanya. Sehingga kita harus membaca lembar sebelumnnya terlebih dahulu baru mengerti cerita tersebut sebenarnya mengarah kesana.

Kritik dan Saran untuk Cerita dalam novel ini menggambarkan tentang kehidupan percintaan remaja saat ini, ada rasa bahagia tapi pasti juga ada rasa sedih yang akan dirasakan. Selain itu novel ini juga memberikan gambaran tentang arti persahabatan yang sangat tulus dan bisa dijadikan sebagai contoh untuk kita dalam kehidupan sehari-hari.

Perbanyaklah membaca karya sastra karena dengan begitu kita bisa memperoleh pelajaran hidup yang digambarkan oleh pengarang oleh pengarang melalui amanat yang terselip dalam cerita yang terselip dalam cerita yang ditulisnya.

Judul Novel: Rain Affair; Penerbit: Gagas Media; Tahun terbit: Mei 2010; Tebal buku: 339 Halaman; Pengarang: Clara Canceriana

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: