Over Kapasitas, Rutan Mamuju Minta Renovasi

oleh
Over Kapasitas, Rutan Mamuju Minta Renovasi -
Rutan Mamuju. Foto: Sudirman Syarif

MAMUJU– Rumah Tahanan (Rutan) Kabupaten Mamuju melebihi kapasitas. 187 tahanan sedang menjalani masa hukuman terdiri dari 170 tahanan laki-laki dan 17 tahanan perempuan. Sedangkan kapasitas rutan hanya bisa menampung 140 tahanan. Artinya 39 tahanan sudah di luar batas kapasitas.

Kepala Kasubsib Pelayanan Tahanan Rutan Mamuju Huswan W, menilai bahwa tahanan saat ini sudah berkurang karena telah dipindah ke rutan lain. Sebelumnya kata Huswab jumlah tahanan sempat mencapai 200 orang.

“Satu kamar ruang tahanan harusnya dihuni oleh lima sampai tujuh tahanan karena kelebihan tahanan mau tidak mau harus ada beberapa kamar yang dihuni sampai 10 tahanan, tapi dari segi kenyamanan masih nyaman. Artinya belum melebihi kapasitas, masih bisa difungsikan dengan baik, belum melebihi 50 persen per kapasitas, apalagi ada beberapa tahanan yang masa hukumannya tergolong singkat, ada yang satu sampai dua tahun,” jelas Husman.

“Kami sudah usulkan Kerdijen Pas untuk dilakukan renovasi bangunan penambahan jumlah kamar tahanan dengan cara bangunan berlantai, sebab jika ingin ditambah ke samping sudah tidak memungkinkan, sebab ada rumah penduduk. Tapi mungkin sedang dalam tahap perencanaan,” lanjut Husman.

Terkait tahanan laki-laki dan perempuan kamarnya tetap dipisahkan.

“Kalau kamar tahanan perempuan bloknya tersendiri ada dinding pemisah dan petugas lapasnya perempuan,” pungkas Husman.

#SudirmanSyarif

Adv.