‘Mata Pasar’ Luyo Terapkan Model Pasar Tematik

147 views

Reporter : Busriadi Bustamin

POLEWALI MANDAR, mandarnesia.com — Pasar Rakyat Luyo terletak di Desa Baru’ Poros Polewali Mandar-Majene, Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Dalam waktu dekat, pasar rakyat ini akan mulai beroperasi setiap Senin dengan memakai konsep tematik.
Camat Luyo Moh. Jumadil Tappawali yang juga merupakan mantan Kabid Ekonomi Bappeda Polewali Mandar, melakukan inisiasi dan upaya untuk mengembangkan posisi strategis Pasar Rakyat Luyo tersebut.

Sebelum menggaungkan konsep tematik, langkah awal yang dilakukan identifikasi permasalahan dan memetakan potensi dan peluang untuk menyusun desain perencanaan pengembangan pasar Rakyat Luyo.

Saat melakukan pertemuan di Pasar Luyo, Moh. Jumadil Tappawali menyampaikan beberapa gagasannya. Turut dihadiri Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan perangkat Daerah. Semuanya merespon baik gagasan yang dilontarkan terkait rencana membuka Mata Pasar setiap Senin model tematik.

Pengembangan pasar tematik yang rencananya dilaksanakan setiap hari Senis di Pasar Rakyat Luyo, itu merupakan strategi yang menjadi pilihan yang mengadopsi inovasi Bappeda Polewali Mandar Desaku Sipamandaq. Mengintegrasikan perdagangan jasa dan produk dengan komoditi yang spesifik dan tidak ditemukan di pasar lain yang mempunyai mata atau hari pasar bersamaan di hari Senin.

“Sebagai contoh, di areal Pasar Senin Pasar Rakyat Luyo akan ditemukan penjual aneka bibit tanaman hias, bibit tanaman kakao, bibit tanaman rambutan, bibit tanaman, aneka pupuk kandang, aneka burung, dan aneka komoditi spesifik lainnya,” katanya.

Kata Moh. Jumadil, khusus layanan jasa akan dibuka layanan konsultasi penyuluh pertanian, penyuluh KB, UPTD Agro Techno Park, jasa praktek perbengkelan alumni SMK, layanan perbankan, pembiayaan, asuransi dan jasa lainnya.

Baca Juga:  Survei: Berita Palsu Masalah Lebih Besar Daripada Terorisme

“Model pasar tematik ini akan diatur dengan menggunakan protokol COVID-19 sebagaimana Surat Edaran Bupati Polewali Mandar terkait pemberlakukan protokol kesehatan COVID-19 untuk pasar. Kepada masyarakat khususnya warga Kecamatan Luyo sangat diharapkan untuk berpartisipasi baik sebagai pelaku pasar maupun sebagai warga yang ingin mendapatkan layanan dari Pasar Senin Marasa Sipamandaq di pasar rakyat Kecamatan Luyo,” harap Moh. Jumadil.

Bagi yang berminat berpartisipasi pada Pasar Senin, dapat melakukan pendaftaran online melalui link : https://forms.gle/wc3m9GMq5UTZfqzo6. Pasar tematik tersebut akan dimulai Senin 13 Juli 2020.