KPU Siapkan Video Conference di Unasman, Saat Sidang MK

1 views

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulbar selesai melakukan pengecekan alat video conference atau konferensi video di Kampus Unasman, Polewali Mandar.

Direncanakan saat sidang PHPU dengan agenda mendengarkan kesaksian ahli pemohon, termohon, dan pihak terkait serta pengesahan alat bukti terkait di Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (29/7), video coference milik Kampus UnasmanĀ  akan dipergunakan.

“Pengecekan lokasi, audio, jaringannya kalau misalnya tidak cukup waktu ke Jakarta bisa lewat video conference di Unasman,” kata Komisioner KPU Sulbar Farhanuddin kepada mandarneaia.com, Rabu (24/7/2019).

Dengan fasilitas video conference ada dua alternatif yang bisa dilakukan saksi pemohon, termohon, dan pihak terkait saat sidang MK digelar. Hadir langsung di Gedung MK atau melalui video conference di Unasman.

“Saksi tinggal memeilih saja, misalnya KPU kabupaten mau menghadirkan PPK, misalnya PPK-nya sibuk atau efisiensi anggaran, waktu tidak cukup, dimudahkan ada video conference disediakan di Unasman,” tuturnya.

Hasil pengecekan, KPU menilai video conference di Unasman layak untuk digunakan saat sidang MK. “Kami mengecek ke sana, jaringannya bagus, lancar, sonsistem bagus, pendinginnya (AC) juga, artinya layaklah. Apalagi sejak 2009 sudah dipakai beberapa kali saat perselisihan Pilkada,” tutupnya.

Partai NasDem, PDI Perjuangan, Golkar, dan Hanura merupakan empat partai yang akan menjalani sidang di MK.

Baca Juga:  KPU Mamuju dan Pasangkayu Raih Penghargaan KPU RI