Disdukcapil Jamin Blangko el-KTP Terpenuhi

0 views

MAMUJU, mandarnesia.com — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulawesi Barat  (Sulbar) menarget pendistribusian blangko Elektronik Kartu Tanda Penduduk (el-KTP) selesai sebelum hari H Pemilu Tahun 2019.

Hal itu diyakinkan Kapala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sulbar Burhanuddin, berdasarkan stok blangko el-KTP yang berada di Disdukcapil setiap kabupaten.

“Sekarang di kabupaten paling kekurangannya satu, dua, tiga. Karena kita terbatas di pusat. Kalau masih ada stok di daerah dengan jumlah seribuan, dari pusat juga tidak melayani. Kita optimis semua yang selesai melakukan perekaman akan mendapatkan blangko sebelum hari H Pemilu 2019,” kata Burhanuddin kepada mandarnesia.com, Jumat (22/3/2019).

Dijelaskannya, tugas provinsi mendistribusikan blangko el-KTP menjadi tanggung jawab Disdukcapil yang merupakan perpanjangan tangan dari pusat kaitannya dengan identitas kependudukan.

“Kita usahakan begitu menerima sekian perekam baru kita jemput lagi. Staf saya sedang di Jakarta untuk menjemput blangko el-KTP dan akan membawa 6.000-an blangko,” ungkapnya.

Disebutkan Burhanuddin, Kabupaten Polewali Mandar, Majene, dan Mamuju, adalah tiga kabupaten yang mengalami kekurangan blangko el-KTP. Sementara Pasangkayu, Mamuju Tengah, dan Mamasa masih mencukupi.

“Sudah tidak ada lagi keterlambatan. Termasuk alat perekaman. Kalau di kabupaten melaporkan kekurangan alat itu bisa difasilitasi Pemerintah Pusat,” tutupnya.

Reporter: Sudirman Syarif

Baca Juga:  KPU Koordinasi Kesiapan Tes Kesehatan Pilkada Serentak