3.664 Paket Bantuan Sembako Disalurkan Pemprov Sulbar

0 views

Reporter: Sudirman Syarif

Kominfo Sulbar — Bantuan sembako kemanusiaan Covid-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mulai disalurkan. Tahap pertama, sebanyak 1.400 paket disalurkan di tujuh kelurahan di Kabupaten Mamuju.

Kelurahan Simboro, Kelurahan Rangas, Kelurahan Karema, Kelurahan Rimuku, Kelurahan Binanga, Kelurahan Mamunyu dan Kelurahan Bebanga. Penyerahan dilakukan Gubernur Sulbar kepada para lurah di Kantor Bulog Mamuju Selasa, (21/4/2020)

ABM juga turun menyerahkan paket sembako kepada warga kurang mampu di Kelurahan Karema kepada karyawan yang dirumahkan di Lobi Hotel Grand Maleo Mamuju.

Selain itu paket sembako juga disalurkan secara door to door anggota Tanaga Dinas Sosial dan Satpol PP Provisni dan kabupaten ke penerima untuk menghindari kerumunan. Penyaluran dipantau langsung para pejabat eselon II lingkup Pemprov.

Koordinator Pembagian Sembako Asisten I Pemprov Sulbar Muhammad Natsir mengatakan, bantuan merupakan ide dan gagasan gubernur, melihat kondisi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, sehingga meminta seluruh OPD untuk berdonasi dalam rangka penyaluran sembako kemanusiaan.

“Ide pak Gubernur direspon bersama Sekprov dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari donasi OPD yang terkumpul sebanyak Rp 519 juta kemudian dibelanjakan dalam bentuk sembako, satu paket sembako nilainya Rp150 ribu, terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng, terigu, mie instan dan minuman, jumlahnya sebanyak 3.664 paket. Khusus untuk tujuh kelurahan di Kabupaten Mamuju, sebanyak 1.400 paket,” kata Natsir.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar berharap agar pembagian sembako kemanusian bisa berjalan dengan baik dan tepat sasaran, serta dapat memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya.

“Semua merata, semua akan dapat, tidak usah ribut kalau ada yang belum dapat. Kami juga pemerintah akan mengupayakan supaya masyarakat senang dan sejahtera. Bagi yang belum dapat sembako melapor saja supaya nanti kita catat dan akan diantarkan langsung sembakonya,” sebut ABM.

Baca Juga:  Tokoh Muda Sulbar Kirim Pesan ke Gubernur

Ia juga menginstruksikan kepada semua tim pemantau penyaluran dan para relawan lainnya untuk bekerjasama dengan baik sehingga semua bisa terakomodir.
Kepala Dinas Sosial A. Bau Akram Dai mengatakan, untuk tahap awal yang dilakukan di Kabupaten Mamuju yang dibagikan sebesar 1.400 paket untuk tujuh kelurahan, serta ada bantuan sebesar 334 paket yang terbagi untuk tenaga kerja yang dirumahkan dan penyandang Disabilitas.

“Nanti langsung kita antarkan ke rumahnya secara door to door diantar oleh Tagana yang di dampingi lurah atau kepala lingkungan setempat, serta yang ikut berpartisipasi di dalamnya ada Dinas Koperindag dan Dinas tenaga kerja, kita di Dinas Sosial hanya persiapan untuk penyalurannya saja,” kata Bau Akram.

Salah satu masyarakat penerima bantuan Muhammad Yahya yang kesehariannya bekerja sebagai buruh bangunan turut merasakan langsung penyaluran sembako, ia mengucapkan kesyukurannya dengan adanya bantuan pemerintah provinsi.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dengan adanya bantuan sembako ini, harapan saya ke depannya akan ada lagi, tidak cuma ini. Seperti yang dikatakan bapak Gubernur tadi, bahwa nanti akan ada tambahan selanjutnya,” tutur Yahya.