Pilgub 2024, Peluang Prof Husain Syam di Mata Akademisi

oleh
Husain Syam, Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) (Foto: Dok. Profesi)

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Baliho Profesor Husain Syam yang terpasang di beberapa titik jalan trans Sulawesi, menandakan keinginan bertarung di Pilgub Sulbar tahun 2024.

Profesor Husain beberapa kali turun menyalurkan bantuan ke tengah-tengah masyarakat usai gempa di Sulbar Januari lalu.

Ketua Jurusan Fisip Unsulbar Burhanuddin melihat, baliho-baliho figur yang terpasang, menandakan sebagai persiapan menuju 2024.

Ia menilai, Prof Husain di kalangan intelektual, paling memenuhi syarat. Tapi itu tidak menjamin hasil. “Inikan sekarang pilkada sampai pilgub tidak bisa diprediksi. Tidak sepertinya yang dibayangkan semua orang. Bahwa¬†sumber daya manusia dijadikan sebagai sebuah tolak ukur,” katanya kepada mandarnesia.com, Kamis (30/6/2021).

Ia menilai, banyak pemilih kurang cerdas yang penting uang. “Sebenarnya, ke depan Sulbar masih sangat muda, yang kita harapkan bagaimana Sulbar bisa melihat kualitas, kemampuan. Taruhlah di sumber dayanya, seperti apa,” jelasnya.

“Kalau kita jadikan patokan sebagai SDM, mohon maaf saya kira Prof Husain, karena dia seorang profesor. Memiliki akademik tertinggi. Tapi bukan itu jadi ukuran,” sambungnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kalau pemilihan banyak juga dari faktor lain. Faktor kharismatik, misalnya kanek-nenek dulu sebagai pemerintah, seorang raja, seperti kalau presiden, ada nama trah Sukarno.

Namun, dengan perkembangan di bidang pendidikan dan pengetahuan, ia menyebutkan, hal tersebut mulai bergeser.

Ia menambahkan, yang dibutuhkan sekarang, apalagi perkembangan sains dan teknologi, dibutuhkan orang-orang cerdas, dibutuhkan yang punya wawasan ke depan.

“Istilahnya memiliki visi ke depan. Kalau seperti ini yang dibangun ke depan, Sulbar akan semakin baik. Makannya¬†butuh orang visioner, menangkap peluang itu. Apa yang harus disiapkan Sulbar,” tutupnya.

 

Adv.
Baca Juga:  ABM: Mari Saling Bergandeng Tangan