Kick Off Tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024 Dimulai 14 Juni 2022

oleh

Laporan: Redaksi

MANDARNESIA, Mamuju – Komisi Pemilihan Umum memastikan tahapan Pemilu dan Pemilihan Umum Tahun 2024 dimulai di tahun ini. Hal tersebut disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari usai meresmikan kantor KPU Provinsi Sulawesi Barat, Kamis (2/6).

“Tahapan Pemilu kita akan dimulai pada tanggal 14 Juni 2022. Tahun 2022 ini, di antara kegiatan besarnya pendaftaran partai politik akan dilakukan awal Agustus 2022,” kata Hasyim.

Menurutnya, ketentuan dalam undang-undang, pendaftaran parpol dimulai 18 bulan sebelum hari pemungutan suara. Kemudian penetapan partai politik peserta pemilu paling lambat 14 bulan sebelum pencoblosan.

“Itu yang akan dilakukan selama 4 bulan, kegiatan pendaftaran, verifikasi administrasi, verifikasi faktual terhadap peserta calon pemilu 2024,” tutur punggawa Imam Bonjol ini. Kantor KPU RI berkantor di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Yang kedua, rekrutmen dan seleksi calon anggota PPK, PPS, yang direkrut di bulan Oktober Tahun 2022. Adapun untuk anggaran, Hasyim menjelaskan belum ada.

[irp]

Hasyim juga mengatakan, KPU menyiapkan peraturan KPU pedoman tata kelola keuangan untuk Pemilu dan Pilkada 2024, agar ada standarisasi di seluruh wilayah Indonesia mengenai tata kelola keuangannya. Termasuk tata cara membuat laporan keuangan.

“Bagaimana pertanggung jawabannya, apa saja yang harus disiapkan, itu disiapkan dalam bentuk PKPU,” urainya saat melayani beberapa wartawan yang menanti hingga Kamis larut malam.

Untuk mengontrol agar peraturan itu ditaati, Hasyim mengungkapkan, di semua tingkatan KPU kabupaten kota, ada anggota KPU yang membidangi divisi hukum dan pengawasan. Kemudian di KPU Pusat ada pula Inspektorat, itu yang nanti akan mengawasi.

”Kalau tidak dipatuhi, kemudian kita periksa problemnya apa, kemudian dibenahi,” tutupnya. (wm/*)

Adv.