Ingin Kulit Glowing? Hindari Kebiasaan Buruk di Malam Hari Ini

oleh
Beautiful Young asian Woman with Clean Fresh Skin, on white background, Face care, Facial treatment. Cosmetology, beauty and spa. Asian women portrait

Laporan: Redaksi

Kulit glowing sering menjadi dambaan banyak orang. Itu sebabnya banyak orangĀ  menggunakan berbagai produk kecantikan yang mampu membuat kulit mereka jadi lebih glowing. Sayangnya, masih ada banyak orang yang tidak sadar telah melakukan kebiasaan buruk yang membuat kulit terlihat kusam. Kalau kamu ingin mendapatkan kulit yang cerah merona, hindari kebiasaan buruk di malam hari ini.

Tidak Mencuci Wajah Sebelum Tidur

Sering kali orang tidak mencuci wajah sebelum tidur karena merasa kulit mereka tetap bersih, padahal bisa saja ada banyak debu atau kotoran yang menempel yang tidak kasatmata. Tidak mencuci wajah akan membuat debu dan kotoran itu menumpuk sehingga membuat wajah terlihat kusam.

Oleh karena itu, selalu cuci wajahmu sebelum tidur. Meskipun kamu hanya beraktivitas di dalam rumah, jangan pernah lupa untuk mencuci wajah karena debu dan kotoran bisa di temukan di mana-mana.

Apalagi kalau kamu habis bepergian ke luar rumah dan memakai make up. Sudah seharusnya kamu membersihkan wajah dari make up dan debu luar ruangan agar kotorannya dapat tersingkir. Bila kamu tidak membersihkannya, kotoran itu tidak hanya menumpuk di kulit wajah, tetapi ikut mengotori sarung bantal.

Sering Begadang Akan Menghambat Kulit Glowing

Siapa di sini yang senang begadang? Entah karena harus belajar atau sekadar main HP saja, begadang termasuk aktivitas yang sering dilakukan. Begadang menimbulkan banyak dampak buruk pada tubuh, termasuk kulit.

Efeknya pada kulit adalah membuat kulit tidak glowing, terlihat pucat, dan menciptakan lingkaran hitam di bawah mata kamu. Kurang tidur akibat begadang akan meningkatkan kortisol yang dapat memicu peradangan kulit dan membuatnya terlihat kusam.

Baca Juga:  Mata Lelah Saat Baca Buku? Ikuti Tips ini

Tidak hanya berpengaruh pada kulit glowing, begadang juga menimbulkan masalah kulit lainnya. Masalah-masalahnya adalah kulit berjerawat, muncul keriput, dan memicu tanda penuaan dini lainnya.

Melewatkan Pemakaian Pelembap

Selain tidak mencuci wajah sebelum tidur, banyak juga yang melewatkan pemakaian pelembap. Padahal pelembap sangat bermanfaat untuk kulit, baik itu kulit kering, berminyak, atau kombinasi. Pelembap dapat membantu kulit untuk memperbaiki regenerasi sel kulit dengan alami.

Wajah yang diberi pelembap akan terlihat lebih glowing dan sehat pada keesokan harinya. Kulit wajah pun akan terasa lebih segar karena pelembap mampu menghidrasi serta menjaga kelembapan kulitmu.

Jarang Mengganti Sarung Bantal

Tidur dengan sarung bantal yang jarang diganti ternyata termasuk dalam kebiasaan buruk di malam hari yang bikin kulit gak glowing. Alasannya karena sarung bantal dapat menjadi sarang debu, kotoran, bekas keringat, dan kulit yang mengelupas.

Bila tidak sering diganti, wajahmu akan terpapar itu semua saat sedang tidur. Lama-kelamaan kulit wajah akan makin kusam, penuh komedo, dan berjerawat. Oleh karena itu, rajinlah mengganti sarung bantal setidaknya seminggu sekali atau lebih sering jika kulitmu sering berjerawat.

Tidur dengan Posisi Miring dan Tengkurap

Kebiasaan buruk lain yang sering disepelekan adalah tidur dengan posisi miring atau tengkurap. Bagi sebagian orang, posisi tersebut membuat mereka tidur lebih nyaman. Namun, posisi seperti itu ternyata tidak baik untuk kulit wajah.

Bukannya glowing kulitmu malah menciptakan keriput. Tidur dengan posisi miring itu juga membuat kulitmu makin menipis dan menurunkan kadar elastisitasnya. Posisi tidur yang aman adalah posisi telentang.

Tidak Menjaga Kelembapan Kamar

Memakai pelembap saja belum cukup, kamu harus menjaga kelembapan kamarmu juga. Apalagi saat cuaca sedang dingin, kelembapan udaranya akan sangat memengaruhi kondisi kulit.

Baca Juga:  Mata Lelah Saat Baca Buku? Ikuti Tips ini

Untuk mengatasinya, pakailah alat pelembap udara di dalam kamar tidur. Alat pelembap udara itu akan membantu kulit dalam menjaga kelembapannya. Kulit yang kelembapannya terjaga tentunya akan terlihat lebih glowing.

Mandi Air Panas Sebelum Tidur

Banyak yang memilih untuk mandi air panas sebelum tidur. Biasanya, hal ini dilakukan karena mandi air panas dapat membantu membuat tubuh lebih nyaman dan rileks. Meski begitu, jangan terlalu sering mandi dengan air panas.

Mandi dengan air panas akan membuat kulit dehidrasi. Kulit yang kering akan membuat tampilan kulit jadi kurang glowing. Untuk itu, jangan sering mandi dengan air panas dan pakai lotion setiap kali kamu selesai mandi air panas.

Apakah kamu pernah melakukan kebiasaan buruk di atas? Jika iya, segera hentikan kebiasaan buruk itu. Gantilah kebiasaan buruknya dengan kebiasaan yang baik agar mendapatkan kulit glowing nan sehat.

Foto: Repro dari C&F Store

*Diolah dari berbagai sumberĀ 

Adv.

 

Adv.