Berbagai Manfaat Kulit Berminyak yang Wajib Diketahui

oleh

SEMUA orang memiliki jenis kulit masing-masing, mulai dari berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif. Setiap jenis kulit tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi pemilik kulit berminyak, kamu mungkin merasa kulitmu bermasalah karena rentan berjerawat. Namun, kenyataannya ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Apa saja keuntungannya? Lihat di bawah ini!

Kulit Berminyak Membuat Wajah Jadi Awet Muda

Makin bertambahnya usia, makin banyak pula tanda penuaan yang muncul. Kerutan, garis halus, dan tanda lainnya dapat membuat wajahmu terlihat lebih tua. Terkadang tanda penuaan itu muncul lebih awal sehingga kamu bisa terlihat tua meski usiamu masih muda.

Kalau kulitmu tipe yang berminyak, kulitmu akan terlihat awet muda. Mengapa begitu? Itu karena sebum diproduksi lebih banyak pada kulit yang berminyak dan membuat kulit lebih elastis atau kencang.

Dibanding kulit kering, kulit yang berminyak dapat mempertahankan kekencangan kulit mereka dengan lebih lama. Bila ada kerutan yang muncul, itu pun tidak terlalu banyak terutama di bagian dahi.

Mampu Menghidrasi Kulit dengan Baik

Kulit kering karena dehidrasi cenderung membuat tekstur kulit menjadi kasar. Tampilan kulitmu pun jadi tidak maksimal karena tekstur kulit yang seperti itu. Kulit yang lembut akan terlihat lebih baik jika dibandingkan dengan kulit kasar.

Sebum alami dalam kulit berminyak memiliki kemampuan untuk membuat kulit terhidrasi dengan baik. Kadar air yang ada di wajah akan dikontrol oleh sebum. Dengan begini, sebum dapat membantu memastikan jika kulitmu memiliki cukup cairan.

Meski begitu, bukan berarti kamu bisa melewatkan pemakaian pelembap. Tetap pastikan kamu rutin pakai pelembap agar kulitmu tidak memproduksi minyak secara berlebihan. Kesehatan dan kelembutan kulit pun akan selalu terjaga bila kulit terhidrasi dengan baik.

Kulit Terlihat Lebih Glowing

Untuk memiliki kulit glowing ternyata tidak harus selalu mengandalkan produk kecantikan. Kulit dengan tipe berminyak mampu memberikan glowing alami pada pemiliknya. Penampilanmu pun jadi lebih apik dengan kulit yang terlihat glowing.

Agar kilauannya tidak meredup, kamu tetap harus rajin dalam merawat kulitmu. Bersihkan wajah secara rutin dari sebum yang berlebih supaya wajahmu terlihat berkilau dan menghindari wajah yang oily.

Gaya hidup yang sehat pun diperlukan untuk mempertahankan kulit glowing. Contoh gaya hidup sehat adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat bergizi serta tidur dengan cukup. Hindari gaya hidup yang buruk karena itu akan membuat kulit menjadi buruk dan tidak sehat.

Mengurangi Risiko Terkena Iritasi

Keuntungan kulit berminyak lainnya adalah mengurangi terkena iritasi kulit. Hal ini disebabkan oleh kelenjar sebaceous alami yang dimiliki oleh kulit tersebut. Kelenjar itu menjaga kulit dari peradangan dan pemicu iritasi.

Kulit kering yang butuh banyak pelembap biasanya mudah terkena iritasi bila berada di tempat dengan cuaca ekstrem, sedangkan kulit yang memiliki minyak alami akan lebih aman saat menghadapi berbagai cuaca. Kelembapan yang berasal dari minyak alami itu akan melindungi kulit dari cuaca yang ekstrem.

Hal yang harus diperhatikan adalah cara mencuci wajahnya. Banyak yang menggunakan produk yang tidak sesuai sehingga menyebabkan iritasi. Pakailah pembersih wajah dengan busa yang lembut dan pH seimbang. Pastikan juga toner yang dipakai mengandung salicylic acid karena mampu mengangkat kotoran tanpa membuat kulit terkelupas.

Menjadi Penangkal Sinar UV Alami

Paparan sinar UV yang berlebih kerap menimbulkan banyak masalah pada kulit. Ini tentunya sangat menyulitkan untuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan. Akan tetapi, pemilik kulit berminyak bisa merasa lebih aman karena lapisan sebum di permukaan kulit dapat menangkal dan melindungi kulit dari paparan sinar UV secara alami dengan efektif.

Tidak hanya itu, terdapat juga kandungan vitamin E di dalamnya yang bekerja sebagai antioksidan.

Namun, tetap gunakan sunscreen untuk mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal. Gunakan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit agar tidak muncul masalah, seperti jerawat dan komedo.

Kesimpulannya, jangan merasa minder bila memiliki kulit berminyak karena ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Akan tetapi, jangan jadikan keuntungan-keuntungan tersebut sebagai alasan kamu malas merawat kulit. Perawatan kulit tetap diperlukan agar kulitmu tetap sehat, lembut, dan terhindar dari masalah seperti jerawat.

Ilustrasi: KlikDokter

Redaksi