Harga Gula di Mamuju Lampaui Harga Nasional

oleh
Ini Tanggapan Disdag Soal Tingginya Harga Gula -
Ilustrasi/net

MAMUJU-Harga gula pasir di Pasar Baru Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, naik melampaui harga gula yang ditetapkan Kementerian Perdagangan (Kemendag), yakni Rp12.500 per kilogram.

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan mandarnesia.com di lapangan, Rabu (21/6/2017), dari delapan pedagang gula pasir yang ditemui, semuanya menjual gula pasir dengan harga Rp14.000 per kilogram.
Beti salah satu pedagang mengaku, tidak mengetahui secara pasti aturan harga gula tersebut. Ia hanya menjual sesuai harga yang sedang ada di pasaran.

“Saya hanya ikut dengan harga jual yang dipasang sama teman- teman pedagang lainnya. Kan, tidak enak juga kalau cuma kita yang menjual dengan harga yang murah,” sebut Beti.

Sebelumnya kata Beti, harga gula dijual Rp12.500 per kilogram, kini naik menjadi Rp14.000 per kilogram. Beti menduga, kenaikan tersebut dipicu karena daya beli masyarakat meningkat menjelang lebaran.

“Mungkin karena banyak masyarakat yang membutuhan gula pasir, jadi ada orang yang mempermainkan harga,” jelas Beti.

Sekadar diketahui, Kemendag telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) gula pasir konsumsi sebesar Rp 12.500 per kilogram. Aturan yang berlaku sampai Desember 2017 ini, dibuat untuk menjaga kestabilan harga agar pedagang besar tidak lagi seenaknya menaikkan harga jual.

#SudirmanSyarif-BusriadiBustamin

Adv.