fbpx

Jutaan ‘Susu’ Tiba di Polman

POLEWALI, mandarnesia.com — Jutaan Surat Suara (Susu) Pemilu tahun 2019 Sulbar mulai didistribusikan ke KPU kabupaten. KPU Polewali Mandar (Polman) menerima Susu sebanyak 1.556.712 lembar. Susu tiba pada Sabtu malam sekitar pukul 21.00 Wita.

Susu yang dicetak PT. Adi Perkasa, Makassar diangkut menggunakan lima truk dan diturunkan di Gedung Nasional, jalan Bahari Polewali.

Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU Sulbar, Farhanuddin menjelaskan, setelah Polman pengiriman dari percetakan yang dikoordinir KPU RI akan terus berlanjut ke kabupaten Mamasa dan empat kabupaten lainnya di Sulbar.

“Polewali Mandar menjadi daerah pertama yang menerima surat suara, dengan pertimbangan merupakan daerah terbanyak pemilihnya. Di Polman prioritas tahap dalam distribusi logistik adalah daerah yang sulit terjangkau terutama dengan kendaraan,” kata Farhan kepada wartawan, Sabtu (30/3/2019) malam.

Dijelaskannya, sesuai regulasi satu hari sebelum pemungutan suara, logistik termasuk Susu mesti harus berada di TPS setelah selesai dilakukan pensortiran dan pelipatan.

Memaksimalkan waktu tersisa sebelum hari H, KPU Polman memutuskan menambah jumlah petugas pelipat Susu.

“Awalnya pelipat itu 350 orang, kita putuskan tambah menjadi 500 orang. Ini kita target, sortir dan pelipatan Susu bisa rampung dalam jangka waktu empat hari,” kata Koordinator Divisi Partisipasi Masyarakat, KPU Polman Munawir Arifin.

Untuk tempat sortir, pelipatan dan penyimpanan, Plh Ketua KPU Polman Andi Rannu menjelaskan, selain di gedung Nasional, KPU Polman juga menggunakan Gedung SLB dan Gedung Aula Pacuan Kuda Sport Centre. “Awalnya kita hanya pakai satu gedung, namun untuk memaksimalkan waktu, kami gunakan tiga gedung.”

Kedatangan Susu juga disaksikan Ketua Bawaslu Polman Syaifuddin dan Kapolres Polewali Mandar, AKBP Muhammad Rifai.

Reporter: Sudirman Syarif

Baca Juga:  KPU Polman Harap Ada Santunan Bagi Pahlawan Demokrasi
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: