Kabid Madrasah Ajak ASN Renungkan 3 Wilayah Kehidupan

oleh

MAMUJU, mandarnesia.com — Kepala Bidang Madrasah H. Misbahuddin mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat mengajak ASN Kanwil merenungkan 3 wilayah kehidupan. Hal ini tidak lain untuk menginspirasi ASN agar semakin produktif dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“Dalam kehidupan kita ada 3 wilayah, wikayah perhatian, wilayah pengaruh dan wilayah kewenangan, 3 wilayah ini tergantung kita masing-masing,” katanya, Senin (31/1/2022).

Menurut H. Misbahuddin, wilayah perhatian adalah wilayah dimana kita tidak punya kemampuan untuk mempengaruhi dan mengintervensi wilayah ini. Melihat sebuah informasi atau hal tapi tidak punya kewenangan untuk terjun dan terlibat dalam berita dan informasi tersebut.

“Orang yang menghabiskan waktunya pada wilayah perhatian dia tidak produktif karena dia menghabiskan waktu dan tenaganya pada hal-hal yang tidak bisa dia intervensi,” jelas mantan Kabid Bimas Islam.

Yang kedua, wilayah pengaruh wilayah dimana kita mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi informasi hal tersebut tapi kita tidak punya kemampuan untuk mengintervensi karena kita tidak mempunyai kewenangan, karena yang bisa mengintervensi hanya orang-orang yang punya kewenangan.

“Orang yang menghabiskan waktunya di wilayah ini kurang produktif,” ungkap H. Misbahuddin.

Wilayah kewenangan, wilayah dimana kita perlu menghabiskan waktu karena hal tersebut berada pada kewenangan kita. “Maka lakukan intervensi dengan maksimal sesuai dengan tugas, jabatan dan fungsi yang menjadi kewenangan kita”, sambungnya.

“Bekerja, fokus, pelajari tugas pokok dan fungsi kita”.

“Kita ingin menjadi produktif atau tidak produktif kembali pada diri kita masing-masing”, tutup pria yang juga pernah menjabat Kabid PHU tersebut. (ADV).

Adv.
Baca Juga:  Muflih: Sulbar Belum Ada Kasus First Travel