fbpx

Aktivitas Sesar Sa’ddang, Gempa Tektonik Guncang Mamasa

MAMASA, mandarnesia.com — Gempa dengan kekuatan 3,7 Skala Richter (SR) kembali menguncang Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Senin (3/6) sekitar pukul 10.59 Wita.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, menunjukkan informasi awal gempa bumi berkekuatan 3,7 SR. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.94 LS dan 119.55 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 Km Selatan Kecamatan Tabang, Mamasa dengan kedalaman 8 Km.

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat epicenter.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi dirasakan  masyarakat Mamasa. Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

BMKG imbau masyarakat tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Mmastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Reporter: Sudirman Syarif

Baca Juga:  Forkopimda Gelar Salat Meminta Hujan
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: