Prof Zudan Komitmen Kembangkan Perpustakaan Sulbar

MANDARNESIA.COM, Mamuju — “Saya mendorong gagasan agar dibuat Perda Literasi Sulbar, antara lain untuk mendukung komunitas penulis lokal, penerbit dan produksi konten lokal.” Penyataan ini disebutkan Adi Arwan Alimin, salah satu pembicara pada Talkshow yang juga dihelat daring dengan tema Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Provinsi Sulawesi Barat, Senin (20/11).
Sementara Muhammad Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional berterima kasih atas atensi pemerintah provinsi Sulbar dalam menindaklanjuti arahan presiden dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia di setiap daerah.
Syarif menjelaskan, gedung perpustakaan merupakan salah satu infrastruktur yang diinginkan presiden terbangun di setiap daerah, termasuk di Sulbar. Tujuannya peningkatan kualitas SDM
“Semua tahu bahwa program bapak Presiden Joko Widodo adalah pengembangan Sumber Daya Manusia dan ini adalah satu pondasi menguatkan itu,” sebut Muhammad Syarif.
Dia berharap masyarakat Sulbar dapat memanfaatkan perpustakaan menjadi ruang belajar terbuka. Perpustakaan Nasional juga berkomitmen mendukung penyediaan buku-buku yang diperlukan Perpustakaan Daerah Sulbar.
Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh berterima kasih atas dukungan pemerintah pusat. Pemprov juga berkomitmen akan terus mengembangkan perpustakaan daerah Sulbar.
Lanjut Sestama BNPP ini akan menggerakkan OPD lingkup pemprov Sulbar agar dapat menjemput harapan dari adanya perpustakaan daerah.
“Perpustakaan adalah tempat belajar. Semua diawali dengan membaca dan belajar membaca sampai berporduksi literasi bukan hanya memahami tetapi sampai pada berproduksi. Misalnya belajar tanam cabe kemudian bisa memproduksi cabe. Sampai pada aspek penjualan.dibanti dengan OPD terkait dan kita akan gerakkan agar ini menjadi satu kesatuan. Dari membaca belajar sampai berproduksi, jantungnya ada di perpustakaan ini,” tutup Zudan, Senin, 20 November 2023. (Rls/WM)

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!