Pancasila Final untuk Indonesia #PekanPancasila

oleh
Pancasila Final untuk Indonesia #PekanPancasila -
Ilustrasi/Foto: www.rilis.id

MAMUJU-Dewan Koordinasi Wilayah Penerus Perjuangan Perintis Kemerdekaan Indonesia (P3KI) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berpesan, bahwa Pancasila sudah final untuk Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Ketua P3KI Sulbar Azikin Noer. Menurut Azikin, melalui peringatan hari Pancasila 1 Juni ini, ia menyampaikan pertama, Pancasila final untuk Indonesia dan kedua kembalikan mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila di SD, SMP, SMA sebagai mata pelajaran yang wajib.

“Kami di P3KI sesuatu yang final ada lima untuk Indonesia, merah putih, Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Lima hal ini tidak ada diskusi buat P3KI, karena ini merupakan amanah dari Pendiri Bangsa Indonesia,” kata Azikin, via WhatsApp, Kamis (1/6/2017).

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIPOL) Universitas Sulawesi Barat, DR. Burhanuddin mengatakan, munculnya persoalan bangsa dewasa ini akibat kurangnya memahami dan mengamalkan empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika).

“Kalau saya melihatnya karena kita sudah mengumandangkan empat pilar kebangsaan. Persoalan bangsa sekarang ini karena kita abaikan pengamalan Pancasila itu sendiri beberapa kali terdapat rongrongan dengan persatuan dan kesatuan. Saya kira kita dapat keluar dari persoalan bangsa yang dapat merongrong keutuhan negara, Pancasila itu sudah final sebagai dasar negara kita,” katanya.

“Tidak boleh lagi ada kikisan kalau kita menyadari Pancasila lahir dari bumi Indonesia. Kalau kita melaksanakan secara konsekuen Pancasila saya kira tidak akan ada terjadi seperti yang ada sekarang,” lanjut Burhanuddin.

#AyubKalapadang-BusriadiBustamin

Adv.
Baca Juga:  Wagub, Bumikan Nilai-Nilai Pancasila