Unasman Lolos Pendanaan Penelitian Program Kompetitif Nasional

oleh

Laporan: Naim Irmayani

POLEWALI mandarnesia.com — Belasan dosen Universitas Al Asyariah Mandar lolos usulan Proposal Penelitian Dosen Pemula (PDP) dan proposal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Selasa, (10/5/2022).

Dari sekian usulan proposal pada program kompetitif nasional, hanya 12 usulan proposal PDP dan 1 PKM yang lolos dan mendapatkan bantuan dana dari Kemenristekdikti.

Berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi Riset dan Teknologi nlNomor 0267-E5/AK.04/2022 tentang Pengumuman Penerimaan Pendanaan Penelitian Program Kompetitif Nasional yang mengumumkan para dosen yang lolos pada beberapa skema.

Hasil keputusan tersebut disebarkan melalui WAG oleh Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unasman, Basri, S. Kom., MT. “Selamat kepada dosen yang lolos PDP dan PKM, meskipun lebih sedikit dari pada tahun lalu,” sebutnya.

Proposal usulan tahun ini untuk PDP sebanyak 50 proposal, sedangkan PKM 22 proposal. Putusan tersebut ada tahap pertama, yang belum diumumkan pada skema: Penelitian Desentralisasi (akademik dan vokasi; Penelitian kompetitif nasional (vokasi); dan Pengabdian (vokasi).

Rektor Universitas Al Asyariah Mandar, Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si. merespons pengumuman tersebut dan memberikan selamat bagi dosen yang lolos dalam dua skema tersebut.

“Tahun depan, usulan harus lebih banyak.” Tambahnya.

Basri menambahkan harapan besar juga ketika penelitian dapat membantu banyak orang, dari hasil penelitian bisa menghasilkan luaran yang berguna bagi orang banyak, tentu itu akan sangat baik bagi institusi, di awal hanya lolos 9 proposal. Namun ada revisi dan menambahkan 3 proposal dari FKIP dan FAI.

Sebagai perbaikan, LPPM selalu mengagendakan workshop agar para dosen semakin cakap bersaing terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (wm/*)

 

Foto: Warta Bulukumba