Unasman-Dispop Usulkan Rumah Kreatif Desa

oleh

MANDARNESIA.COM, Polewali —┬áRumah Kreatif Desa Pappandangan menjadi salah satu program yang lolos untuk Verifikasi Kelayakan (VK) pada Program Matching Fund Kemendikbud Riset dan Teknologi RI di Four Point Makassar.

Rumah Kreatif Desa yang rencananya ditempatkan di Desa Pappandangan diusul oleh Universitas Asyariah Mandar bermitra dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Polewali Mandar, acara berlangsung pada Sabtu-Ahad, 18-19 Maret 2023 yang untuk wilayah Indonesia Timur dipusatkan di Hotel Four Point Makassar.

Program Matching Fund adalah bentuk nyata dukungan dari Kemendikbudristek RI untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara insan Perguruan Tinggi dengan pihak mitra. Melalui Platform Kedaireka Kampus Merdeka.

Kedaireka merupakan akronim dari Kerjasama Dunia Usaha dan Kreasi Reka, atau Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta.

DR. Aco Musaddad HM Plt Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata dalam paparannya di depan reviewer Prof. DR. Ahmad Afandi dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) menyampaikan beberapa alasannya mendukung Inovasi Rumah Kreatif Desa Pappandangan.

“Desa Pappandangan akan dijadikan pilot project percontohan kawasan pariwisata yang terintegrasi dan berkelanjutan. Rumah Kreatif Pappandangan akan menyiapkan souvenir dan cinderamata yang berbahan rotan dan akan mempekerjakan pemuda setempat setelah mendapatkan pelatihan,” sebut Aco Musaddad dalam rilisnya, Ahad, 19 Maret 2023.

“Kepala Desa Pappandangan Bapak Makmur memberikan dukungan penuh dengan menyiapkan lahan dan siap mengadakan bahan bakunya,” tambah Aco Musaddad.

Aco Musaddad berharap rumah kreatif ini dapat menjadi solusi untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran serta semoga dapat juga didirikan di seluruh desa di Polewali Mandar.

“Rumah Kreatif Desa ini ditempatkan di kawasan wisata supaya dapat memicu kunjungan wisatawan dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya. Pengumuman kelayakan akan disampaikan paling lambat April mendatang,” jelas Aco Musaddad.

Masih dari rilis yang dikirim ke mandarensia.com, Rektor Unasman DR. Chuduriah Sahabuddin menyampaikan bahwa program ini sangat mendukung untuk tercapainya Visi dan Misi Pemkab Polman yang dituangkan dalam RPJMD Polewali Mandar.

“Pihak perguruan tinggi siap membantu Pemkab Polewali Mandar untuk menjadi Polman Maju dan Sejahtera,” sebut Chuduriah Sahabuddin dalam rilis Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Polewali Mandar. (Ris/WM)