fbpx

Trembesi, Ancaman Nyata Pengendara di Trans Sulawesi

Reporter: Sudirman Syarif

MAJENE, mandarnesia.com — Cuaca ekstrem yang melanda Wilayah Sulawesi Barat mau tidak mau, wajib menambah kewaspadaan pengendara yang melintas di Trans Sulawesi, utamanya di Trans Polewali Mandar, Majene, dan Mamuju.

Selain jalan yang licin, barisan pohon trembesi yang dibiarkan tumbuh begitu saja tanpa ada perawatan atau pemangkasan, sangat jelas mengancam nyawa pengendara.

Tak sedikit pengendara yang kehilangan nyawa akibat tertimpa pohon yang sengaja di taman pemerintah ini.

Tahun lalu, seorang pegawai ASN di Kementerian Agama, meregang nyawa setelah tertimpa ranting trembesi dan menebus perut di bagian bawah.

Kejadian serupa juga terjadi hari ini, Ahad (12/1) di Ugibaru, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar. Sebuah pohon trembesi berukuran besar tumbang melintang di bahu jalan.

Tak ada korban jiwa atas peristiwa itu, namun mengganggu arus lalulintas. Puluhan kendaraan tertahan tak bisa melintas sebelum dilakukan pembersihan.

Jumaali salah satu pengendara mengaku memilih berhenti jika hujan atau angin kencang. Cara itu ia lakukan untuk menghindari kemungkinan buruk yang ia alami di jalan, termasuk pohon trembesi.

“Lebih baik kita membatalkan perjalanan, dari pada harus menjadi celaka. Apalagi di Wilayah Polman, Majene, dan Mamuju banyak pohon trembesi besar yang menjulang tinggi begitu saja di pinggir jalan tanpa dipangkas,” katanya kepada mandarnesia.com, Ahad (12/1/2020).

Menurut aktivis pergerakan ini, sudah saatnya pemerintah terkait melakukan pemangkasan atau pemeliharaan. “Karena yang dirugikan masyarakat. Jangan menunggu ada korban lagi, baru bergerak.”

Kepala BPBD Sulbar Darno Majid meminta pengendara untuk berhati-hati melintas di jalur Trans Sulawesi.

“Kami sudah berhubungan dengan pers atas nama pemerintah melalui BPBD, mengimbau kepada masyarakat dan pengendara di jalan agar siap siaga di jalan dengan kemungkinan cuaca ekstrem,” katanya kepada mandarnesia.com.

Baca Juga:  Kapolda Papua Janji Tangkap Pelaku dan Proses Anggotanya

“Utamanya pengendara kendaraan bermotor, mobil yang melintas di jalan. Jangan sampai longsor dan bisa ada pohon tumbang di jalan,” sambungnya.

Foto: FB Maskuri Tasinara

Komentar Anda
error: Content is protected !!