,

Tonggo: Festival Penyu 2022 Bakal Diramaikan Bule

oleh

Laporan: Naim Irmayani

MAMPIE, mandarnesia.com — Memperingati Hari Penyu Dunia, Sahabat Penyu menggelar Pra Festival Penyu di Mampie, Ahad (22/5/2022).

Agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Komunitas Sahabat Penyu merupakan aksi nyata pelestarian penyu, dan sebagai salah satu cara menjaga alam.

Pra Festival diadakan di lokasi Sahabat Penyu Mampie, dihadiri oleh Hj. Chuduriah Sahabuddin Rektor Unasman, Komunitas PeKa (Peduli Kemanusiaan), DPC PPMI Kabupaten Polewali Mandar, Mahasiswa Unasman, Radikal Live, serta penduduk sekitar.

Salah satu bentuk sinergitas sahabat penyu dengan Universitas Al Asyariah Mandar, baru-baru ini penelitian pengabdian kepada masyarakat lolos yang terkait promosi wisata Sahabat Penyu.

Radikal Live, merupakan salah satu yang hadir pada acara tersebut. Komunitas travel ini banyak membawa bule mancanegara datang berkunjung ke Sulawesi Barat. Tonggo dalam wawancara bersama Mandarnesia mengatakan pada Festival Penyu nanti, bule akan berkunjung ke even ini.

Beberapa agenda yang berjalan, yaitu simulasi mengetahui sarang penyu, pelepasan tukik, games sederhana anak Mampie, Yusri selaku Ketua Aahabat Penyu juga menyampaikan pentingnya menjaga alam lewat penyu.

“Pada karang yang hampir mati, penyu akan mematahkan ujungnya agar muncul tunas baru. Begitu pentingnya penyu tetap lestari di laut,” tegas Yusri.

Festival penyu akan digelar 14-16 Juni 2022 di Mampie, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. (wm/*)

Adv.
Baca Juga:  Majene Memiliki Tiga Jenis Penyu yang Dilindungi