Tiga Ton Sampah Diangkut dari Pantai Kampung Baru Lantora

POLEWALI-Gerakan aksi bersih Pantai Kampung Baru Lantora Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar yang dilaksakan Komunitas Littoral dan gabungan komuntas lainnya di Kabupaten Polewali Mandar dalam rangka World Cleanup Day (WCD) serentak  menuju Polman Bebas Sampah. Minggu, (20/09).

Armansyah Puang Kuma selaku pembina Komunitas Littoral dan penanggung jawab kegiatan bersih pantai mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena pantai Kampung Baru merupakan salah satu pantai yang ada dalam kota Polman dan pantai ini menjadi sumber kehidupan masyarakat setempat sebagai lokasi budidaya rumput laut. “ini kegiatan kedua kalinya, sengaja kita pilih di sini agar masyarakat juga ikut sadar bahwa laut itu bukan tempat sampah.” kata Arman.

“Ini puncak dari beberapa rangkaian kegiatan sebenarnya karena sebelumnya kami ke rumah-rumah warga untuk mendata sampah rumah tangga” tambahnya.

Arman menjelaskan bahwa di Kampung Baru juga setiap Sabtu Malam ada pasar kuliner khas Mandar tentunya yang ramah lingkungan dengan kata lain tidak menggunkan kemasan plastik.

Di tempat yang sama. Hikmah sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Polman mengapresiasi kegiatan yang dilakukan teman-teman komunitas. Hikmah juga mengatakan bahwa kegiatan ini masih rangkain WCD dan bukan hanya sekedar membersihkan pantai dari sampah plastik tapi juga melakukan pemilahan sampah sebelum diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Amola.

“Jadi hari ini juga dilakukan pemilahan sampah oleh adik-adik. Hasil pemilahannya nanti akan ditimbang di Bank Sampah karena ada nilai rupiahnya, sementara sampah yang  tidak layak dimasukan ke Bank Sampah, inilah yang diangkut ke TPA” kata Hikmah.

Berdasarkan data dari DLHK Polman, ada sekitar 3 (tiga) ton sampah  berhasil dikumpul dari kegiatan bersih-bersih pantai hari ini.

Baca Juga:  Resahkan Masyarakat, Pencuri di Majene Berhasil Diringkus

“ini akan kami kawal terus, dan melakukan pembinaan pada masyarakat termasuk adik-adik komunitas di sini” tambahnya.

Dalam kegiatan bersih-bersih pantai di Kampung Baru Lantora juga diikuti sejumlah komunitas, pelajar dan sejumlah instansi. Diantaranya Camat Polewali dan Lurah Lantora termasuk dari PMI dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Polman.

(Rilis)

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?

Gratis Berlangganan, klik Subscribe

Selamat anda telah berlangganan Gratis

There was an error while trying to send your request. Please try again.

mandarnesia.com will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.