Ramadan di Kota Tua “Kawasan Husein” Kairo

oleh
Ramadan di Kota Tua “Kawasan Husein” Kairo -
Masjid-al-hussein-cairo/foto:int/ 2.bp.blogspot.com

Laporan: Ihzan Zainuddin dari Mesir

BAGI para pelancong dari luar negeri dan domestik, jika berkunjung ke Mesir, bisa dipastikan mereka tidak akan melewatkan salah satu sudut kota tua di Kairo, yaitu kawasan Husein. Kota yang sejarahnya tidak lepas dari Dinasti Fatimiyah ini menyimpan banyak jejak sejarah Islam klasik.

Kota tua ini tidak pernah sepi dari hiruk-pikuk warga baik di siang maupun malam hari. Sejumlah bangunan dengan desain arsitektur Islam klasik, masih terawat dengan baik di kawasan ini, seperti masjid Husain yang dibangun sejak Dinasti Fatimiyah pada tahun 594 H atau tahun 1154 M. Demikian pula bangunan-bangunan berarsitektur kuno lainnya, seperti Bayt Al-Suhaymi yang kini berusia lebih dari 350 tahun. Tidak jauh dari masjid Husein, Anda akan menjumpai pasar kuno yang menjadi pusat perbelanjaan utama para wisatawan. Pasar ini dulu dibangun oleh Amir Djaharks Al-Khalili tahun 1383 M di jantung kota Qahirah Fatimiyah.

Jika Ramadan tiba, Anda akan merasakan nuansa reliji di kawasan ini. Pemandangan unik nan bersahaja seperti buka puasa bersama di pelataran Masjid Husain seolah menjadi objek wisata tersendiri. Anda akan menjumpai puluhan keluarga Mesir yang berdatangan dari berbagai penjuru hanya untuk menikmati buka puasa bersama di pelataran masjid, dan sepanjang kawasan Husein. (*)