Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Menghabiskan Senja dan Berenang Pagi di Obyek Wisata Pantai Bahari

Oleh: Indah dan Arham    

Pantai Bahari Polewali, pantai yang terletak di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Merupakan pantai tempat masyarakat Polewali menghabiskan sore dengan ditemani senja sebelum matahari terbenam. Pantai ini tidak jauh dari jalur trans Sulawesi Barat, kira-kira hanya berjarak sekitar 200-500 meter dari jalan poros Polewali Mandar- Majene.

Di Pantai Bahari itu sendiri memiliki point of view yaitu tamannya, di taman ini sering kali dikunjungi masyarakat untuk berpiknik bersama keluarga, teman, dan juga orang terkasih banyak dari pengunjung berfoto-foto atau mengabadikan moment. Pantai bahari, terbilang wisata umum.

Pantai ini cukup panjang dan nyaris menutupi semua Jalan Bahari, karena itu pantai ini dinamai Pantai Bahari. Jika Ingin menikmati senja muncul dan menunggu matahari terbenam, mungkin Pantai ini bisa menemani anda saat berada di Polewali. Untuk pilihan yang lain, anda dapat menikmati beberapa sajian kuliner sejenis minuman ataupun makanan yang disajikan oleh beberapa tenda-tenda semi permanen yang dibuat oleh warga setempat, dengan kursi plastik mengelilingi satu meja. Beralaskan pasir laut, anda dapat menunggu gurat warna senja muncul dan melihat beberapa aktivitas di lepas pantai.

Suriana (32thn) menjual berbagai aneka kuliner sejenis minuman ataupun makanan yang disajikannya. Dia sudah lama memiliki usaha tersebut, sekitaran tiga tahun lamanya. Penghasilannya sebelum adanya wabah covid-19 ini lumayan banyak karena banyaknya pengunjung yang berdatang. Saat wabah covid -19 ini penghasilannya turun sampai ke angka 50% karena sedikit sekali pengujung yang berdatangan.

Latar pantai berombak tenang dengan perahu nelayan yang sedang ditambatkan, pantai Bahari menawarkan pada anda pemandangan yang cukup indah dan menenangkan. Polewali Mandar yang juga dikenal sebagai daerah pesisir kaya akan potensi laut membuat Pantai Bahari menjadi tempat aktivitas beberapa nelayan yang dapat anda temui saat sore hari atau pagi hari, misalnya saja mereka yang telah pulang melaut, atau sedang mendayung sampan saat memeriksa jaring yang telah mereka pasang, atau saat menambatkan perahu-perahu mereka ke pantai. Kegiatan-kegiatan ini dapat anda lihat dari tempat anda menikmati kuliner atau anek jus buah.

Perpaduan aktivitas nelayan, perahu-perahu yang sedang tertambat menambah kesempurnaan senja yang dapat anda nikmati di Pantai Bahari. Untuk menikmati makanan dan minuman dikedai-kedai pada pantai ini anda hanya menyiapkan uang dengan kisaran Rp 10.000 hingga Rp 15.000/gelas jus. Menu makanan yang umum disajikan adalah roti bakar dengan kisaran harga yang kurang lebih sama dengan harga minuman.

Pantai ini banyak digunakan oleh para kawula muda di Kabupaten Polewali Mandar untuk sekedar menghabiskan waktu sore menjelang malam, dan malam minggu adalah waktu yang paling ramai.

Sunset Pantai Bahari (Foto:Yudi)

Di tempat ini anda dapat menyaksikan terbenanmnya matahari sambil memilih suguhan wisata kuliner dengan berbagai pilihan. Pantai Bahari sangat ramai dikunjungi terutama malam minggu atau di pagi hari menikmati weekend. Daya tarik wisata Pantai Bahari Polewali melihat dari tenangnya kondisi laut pantai tersebut biasa dikunjungi masyarakat pada pagi hari untuk mandi laut dan bermain pasir, sehingga pantai tersebut bukan hanya ramai saat sore hari untuk menikmati matahari terbenam melainkan pada pagi hari.

Pada hari Minggu dan hari-hari libur lainnya Pantai Bahari juga ramai dikunjungi untuk bermain dan berenang di sepanjang pesisir pantai. Selain itu bagi anda yang punya kegemaran memancing tempat ini juga sangat cocok sebagai pilihan kunjungan anda, nah Pantai Bahari ini juga memiliki sisi positif, kenapa kami menganggap pantai bahari memiliki sisi positif dikarenakan tidak jauh dari pantai ini ada masjid yang dengan tenang pengunjung dengan mudah melaksanakan ibadah.

Pantai Bahari juga kadang dijadikan tempat untuk beberapa kegiatan yang berhubungan dengan even tahunan misalnya saja peyambutan tahun baru 2019-2020 yang baru saja dilaksanakan. Di kawasan pantai ini pemerintah setempat menempatkan sebuah panggung pentas untuk menyambut momen pergantian tahun.

Pantai ini memang cukup baik digunakan sebagai tempat untuk menikmati waktu senja saat sore menjelang malam, salah satu tempat yang murah meriah yang dapat anda kunjungi saat berada di kabupaten Polewali Mandar yaitu Pantai Bahari.

Sumber Foto: Dispop Polewali Mandar

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: