Lokasari dari Mandar, Resep dan Cara Membuatnya

Oleh: Arham, Mahasiswa Unasman

Mandar memiliki anekaragam kuliner, diolah dari hasil alam yang menghampar di wilayah Pitu Ulunna Salu dan Pitu Baqbana Binanga. Karena ketersediaan itulah sehingga proses kreatifitas masyarakatnya tercipta dalam hal pemanfaat sumber daya alam.

Lokasari, salah satu kuliner suku Mandar, menu dengan bahan utama pisang diberi santan kental. Kuliner ini sering disajikan sebagai menu di saat jamuan pada sore hari.

Lokasari cukup mudah dibuat, hanya dibutuhkan pisang (dari jenis pisang raja) serta kelapa untuk santan kental. Resep membuat Lokasari sebagai berikut:

Bahan:

  • 1 sisir pisang raja masak (boleh jenis pisang lainnya)
  • 1 buah kelapa yang tua
  • Gula pasir dan garam (secukupnya)

Cara membuat :

  • Kupas pisang, potong-potong pisang berbentuk serong (untuk menambah kesan jika dipotong dengan lurus saja tak sedap dipandang mata)
  • Parut kelapa dan buatlah santan dengan konsistensi yang agak kental, untuk menghasilkan lokasari yang nikmat/gurih ketika dibuat santan yang lebih kental, namun jika mengharapkan lokasari yang sedang kurangi kekentala santannya.
  • Masukkan ke dalam panci semua bahan tadi, lalu dimasak dengan api kecil sampai kemudian pisang melunak, jagan lupa tambahkan gula pasir untuk mendapatkan rasa manis dan sedikit garam agar menonjolkan rasa asin di ujung kenikmatannya.
  • Hidangkan panas-panas ataupun dalam kondisi dingin lebih nikmat.

Bahan dapat diperoleh secara mudah dan cara membuatnya pun tidaklah sulit, Wajar jika kuliner ini sering kita temui dan popular di Mandar, Sulawesi Barat. Ada beberapa orang yang juga suka membuat hidangan Loka Sari menjadi “sayur” dalam menu hidangannya aneh, mungkin ada modofikasi rasa dan resep didalamnya dan yang menikmati menu ini.

Baca Juga:  PKB Sulbar Reposisi Pengurus Tidak Produktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?

Gratis Berlangganan, klik Subscribe

Selamat anda telah berlangganan Gratis

There was an error while trying to send your request. Please try again.

mandarnesia.com will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.