Kwarcab Polman Rayakan Hari Bapak Pramuka Indonesia

oleh

Laporan: Naim Irmayani

Polewali, Mandarnesia.com — Pengumuman Lomba Ambalan Tergiat (LAGIAT) sekaligus perayaan Hari Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengku Buwono IX di Pusdiklatcab H. M. Masdar Pasmar, Selasa (12/4/2022).

Lomba tersebut dimenangkan oleh MAN 2 Polewali sebagai Juara 1, SMA 3 Polewali Juara 2, dan SMK Bulo diurutan ketiga.

Penetapan hari tersebut dilakukan pada Munas X Gerakan Pramuka Tahun 2018 dan tertuang dalam SK Kwarnas Nomor 046 Tahun 2018 Tentang Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia. Selanjutnya lomba Ambalan tergiat adalah lomba yang digagas oleh Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Polewali Mandar yang sebelumnya telah mengeluarkan program Lomba gugus Depan Unggul (LAGAUL) oleh andalan cabang bidang bina muda.

Program tersebut diusulkan untuk mengaktifkan kembali gugus depan yang selama pandemi tidak melakukan proses latihan, bukan hanya itu, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Polewali Mandar membatasi aktivitas luar yang berpotensi menyebarkan virus selama pandemi.

“Kita harus meneladani Sri Sultan Hamengku Buwono IX, harapan besar anggota gerakan pramuka bukan hanya paham keterampilan pramuka saja tetapi lebih menekankan kepada pengabdian masyarakat. Pramuka Polewali Mandar bukan hanya unggul karena banyaknya generasi yang terhimpun, tetapi karena memang semua melewati proses agar terbentuk menjadi generasi unggul dan berkarakter,” ujar Kak Fijay, Sekertaris Kwarcab Polman, selaku pembina upacara.

Di sesi akhir acara, dilakukan kunjungan pada salah satu pelatih senior Gerakan Pramuka Polewali Mandar yang tengah sakit yaitu kakak H. Muh. Yunus Ibrahim. Momen ini sekaligus dirangkai penyerahan Penghargaan Melati dari Kwartir nasional atas dedikasi, jasa, dan pengabdian Kak Yunus Ibrahim selama ini. (*)