Kuliner Khas Mandar – Loka Anjoroi, Praktis tapi Lezat

Oleh: Masnur, Mahasiswa Unasman

Kekayaan alam dan keberagaman budaya yang ada di Sulawesi Barat tak kalah menarik dari yang lainnya. Mandar mempunyai banyak keunikan mulai dari adat istiadat, tarian, alat musik, pakaian tradisional hingga makanan khas yang menjadi topik pembahasan kita.

Loka Anjoroi atau biasa juga disebut Loka Sattai merupakan salah satu kuliner khas Mandar yang jenis makanannya berbahan dasar pisang. Makanan ini yang diberi Santan Kelapa.

Kuliner ini juga memiliki keistimewaan yaitu rasanya yang gurih dan lezat, hasil dari Pisang Kepok (Loka Manurung) yang bercampur dengan santan kental. Selain Pisang Kepok, jenis pisang lainnya juga boleh digunakan seperti Pisang Raja (Loka Malambang).

Loka Anjoroi ini dijadikan makanan pokok oleh sebagian Masyarakat Mandar. Karena dulu sangat sulit untuk mendapatkan beras, apalagi untuk masyarakat yang kurang mampu. Maka dari itu, yang dijadikan makanan pengganti beras adalah buah-buahan, umbi-umbian dan lain-lain.

Nah, yang menjadi favorit masyarakat Mandar adalah buah Pisang karena dapat dikonsumsi dengan beragam jenis olahan, seperti boleh dikonsumsi langsung, direbus, dibakar hingga digoreng. Selain itu, bahannya juga mudah ditemukan, hidangan Loka Anjoroi bahkan tidak perlu banyak lauk sehingga praktis namun lezat.

Masyarakat Mandar tempo dulu mungkin sudah mengetahui hal tersebut, makanya tidak ragu untuk mengonsumsinya dengan berbagai jenis olahan, salah satunya adalah masakan Loka Anjoroi ini.

https://mandarnesia.com/mandariana/

Cara memasak Loka Anjoroi sangat gampang. Pertama-tama siapkan alat dan bahan :

  • 1 sisir Pisang Kepok atau Pisang Raja pilih mana suka yang masih mentah. Kalau saya, pilih Pisang Kepok
  • 1 butir kelapa tua
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Panci atau wadah pengolahan
  • Alat pengaduk

Mari kita membuat :

  • 1 sisir Pisang Kepok yang masih mentah dilepas satu persatu dan direbus hingga matang bersama dengan kulitnya.
  • Satu butir kelapa diparut lalu dicampur air kemudian diperas dan diambil santannya.
  • Air santan kelapa ini ditampung dalam satu wadah lalu ditambahkan garam secukupnya untuk menambah rasa gurih.
  • Selanjutnya pisang tadi yang kita rebus apabila sudah matang, kemudian diangkat atau ditiriskan.
  • Selama Pisang masih dalam keadaan panas segera kupas satu persatu kulitnya lalu dimasukkan ke dalam panci, kemudian disusul santan kelapa tadi.
  • Diaduk terus-menerus hingga santannya kental dan menyatu dengan pisang.
  • Setelah santan dan pisang bercampur, Loka Anjoroi sudah siap untuk disajikan atau dihidangkan.

Loka Anjoroi akan terasa lebih nikmat apabila disantap dengan sambal terasi dan juga Ikan Penja Tumis. Tapi tak hanya itu, kuliner ini juga boleh disantap dengan yang lain sesuai selera. Masakan ini sering dihidangkan di pagi hari, bahkan di berbagai acara seperti, acara keluarga, acara syukuran bahkan di acara pernikahan juga sering dihidangkan. Mungkin karena sudah menjadi kebiasaan Masyarakat Mandar untuk menikmati Loka Anjoroi ini bersama-sama, makanya kurang lengkap rasanya jika Loka Anjoroi ini tidak disajikan dalam acara-acara tersebut.

Baca Juga:  Pembangunan Infrastruktur Desa Menjadi Skala Prioritas AST-ARIS
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?

Gratis Berlangganan, klik Subscribe

Selamat anda telah berlangganan Gratis

There was an error while trying to send your request. Please try again.

mandarnesia.com will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.