fbpx

Kue Tetuq, Begini Cara Membuatnya

Oleh: Desti, Mahasiswa Unasman

Polewali Mandar memiliki beragam makanan khas yang tentunya sedap dan enak disantap, baik memiliki cita rasa manis dan pedas. Makanan khas Mandar, Sulawesi Barat memiliki sifat ekonomis yang tinggi.

Tetuq, kuliner ini menjadi salah satu pilihan favorit ketika akan berbuka puasa. Disajikan dengan kemasan daun pandan berbentuk persegi panjang, makanan khas Sulawesi Barat ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan dengan gula aren dan gula pasir.

Dilansir dari www.idntimes.com disebutkan bahwa adonannya diaduk bersama santan kelapa dan dikukus hingga matang. Simak bahan untuk membuat tetuq sebagai berikut:

Daun pandan besar secukupnya, satu cup atau 200g tepung terigu, dua sdm tepung beras, tiga cup santan kekentalan sedang, satu sendok garam, batang gula aren secukupnya, gula pasir secukupnya.

Langkah-langkah membuat kue tetuq, siapkan gula pasir dan gula merah, parut gula merah kemudian masukkan ke dalam wadah berbentuk persegi panjang yang dibuat dari daun pandan. Campurkan tepung terigu, garam, dan santan kental, setelah tercampur rata, saring adonan. Panaskan kukusan sampai air mendidih masukan wadah dari daun pandan ke dalam kukusan lalu tuang adonan terigu ke dalam perahu pandan.  Kukus dengan api kecil, tutup kukusan dengan lap bersih, kukus sampai matang atau sekitar 7-10 menit. Kue tetuq gula merah dan gula pasir siap disantap.

Sumber foto: twitter.com

Baca Juga:  Bertambah Satu Pasien Sembuh dan Positif Covid-19 di Polman
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: