Indigo HUB dan Poltekpar Dukung Inovasi Parekraf Polman

oleh

MANDARNESIA.COM, Makassar — Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Polewali Mandar menjejaki kerjasama dengan berbagai lembaga profesional di Makassar. Sebelumnya Dinas POP Polewali Mandar juga telah melakukan kerjasama dengan ASITA Sulawesi Selatan, Jumat 24 Februari 2023.

Roadshow Plt. Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Polewali Mandar Sulbar Dr. Aco Musaddad HM bersama dengan para kepala bidangnya. Aco Musaddad bersama tim mendatangi Kantor Indigo HUB di Jalan Pettarani Kota Makassar, mereka disambut Khairul Umam, ST, POH Solution Lead Indigo Hub Makassar.

“Ini untuk membangun kerjasama antara Dinas POP Polman dengan Indigo HUB dalam pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital,” tulis Aco Musaddad melalui rilis kepada mandarnesia.com, Jumat 24 Februari 2023.

Lebih lanjut menurut Aco Musaddad dalam rilis tersebut bahwa Kabid Promosi Wisata yang juga ikut dalam pertemuan tersebut menyampaikan tahun ini 2023 akan diadakan pelatihan ekonomi kreatif. “Diharapkan Indigo Hub dapat membantu mensukseskan kegiatan tersebut,” terang Sidrayani Azis, S.S. Kabid Promosi Dinas POP Polman.

Khairul Umam selaku Lead Indigo Hub Makassar menyambut baik atas inovasi yang dilakukan Dinas POP Polman, terutama dalam promosi karya ekonomi kreatif anak muda.

“Melalui program promosi ekonomi kreatif berbasis digital dapat mempermudah marketing sehingga sekalian promosi daerah. Harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sambut Umam.

Aco Musaddad menambahkan dalam rilis yang dikirim kepada media ini bahwa pemerintah berkeinginan melalui Bapak Bupati Polewali Mandar supaya dapat menjadi pusat pengembangan dan pelatihan ekonomi kreatif di Sulawesi Barat.

“Tentunya dengan dukungan SDM yang memadai dan fasilitas sehingga harapan tersebut diwujudkan dengan pelibatan pentahelis,” tambah Aco Musaddad.

Rajutan jalinan kerjasama Dinas POP Polewali Mandar dilanjutkan dengan Poltekpar Makassar, tim dari Dinas POP berdiskusi bersama Direktur Politeknik Pariwisata Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M. Pd, CHE di Kampus Poltekpar di Tanjung Bunga.

Dalam diskusi tersebut disampaikan beberapa hal yang pertama Rencana Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten (RIPPARKAB) Polewali Mandar. Kedua peningkatan SDM pengelolaan Pariwisata dan ketiga integrasi perencanaan Pariwisata Kabupaten RIPPARKAB, provinsi RIPPAR-PROV dan Nasional RIPPARNAS.

Menurut Aco Musaddad dalam rilisnya menyebut bahwa periode RIPPARDA atau RIPPARKAB Polewali Mandar akan beakhir sehingga perlu dibuat RIPPARKAB baru.

“Akan berakhirnya periode RIPPARDA atau RIPPARKAB Polewali Mandar sehingga perlu dibuat RIPPARKAB yang baru, demikian pula Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (RIPPARNAS) tahun 2010-2025 akan segera berakhir dengan Visi Terwujudnya Indonesia sebagai negara tujuan Pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, mampu mendorong pembangunan daerah kesejahteraan masyarakat.” tulis Plt. Kadis POP Polewali Mandar melalui rilisnya, Jumat 24 Februari 2023.

Aco Musaddad menyampaikan harapannya dengan tersusunnya RIPPARKAB Polman dapat memberikan acuan bagi pengambil kebijakan dan pemangku kepentingan untuk menentukan langkah-langkah pembangunan strategis bagi sektor Kepariwisataan di daerah.

Sementara Muhammad Arifin, Direktur Politeknik Pariwisata Makassar menyatakan siap membantu Polman dari berbagai aspek mulai dari pengembangan SDM Kepariwisataan Polman hingga penyusunan RIPPARKAB. (Ris/WM)