Ekspedisi Jaya 2017 Sasar Pulau Balabalakang

oleh
Ekspedisi Jaya 2017 Sasar Pulau Balabalakang -

MAMUJU – Tim Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 Sulawesi Barat resmi dilepas Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (ABM) di lantai II kantor Gubernur Sulbar, Rabu (20/9/2017).

Kegiatan ekspedisi ini, diikuti sekitar 23 peserta yang terdiri dari mahahasiswa, alumni, dan organisasi. Jenjang usia peserta 17-30 tahun, dengan lokasi kegiatan pulau Balakbalakang. Mamuju.

Koordinator pelaksana Ekspedisi 2017 Sulbar, Abdul Salam menyatakan, pelaksanaan ekspedisi kali ini dilaksanakan selama satu minggu ke depan dengan menggunakan kapal menuju lokasi sasaran.

[perfectpullquote align=”full” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]”Kami target ekspedisi ini 10 hari.  Rencana pemberangkatan besok (20/9, red) tergantung kondisi cuaca kalau memang besok kita tetap koordinasi dengan nelayan karena dia yang akan membawa kita ke sana,” tutur Abd. Salam kepada media, yang ditemui usai pelepasan di kantor gubernur, Rabu (20/9/2017).[/perfectpullquote]

Menurutnya, dalam ekspedisi ini ada empat program yang akan dilaksanakan mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan yang sudah disusun selama tiga bulan lebih.

“Salah satunya di bidang pendidikan fokusnya kami bagaimana anak-anak ini tertarik belajar untuk melanjutkan sekolah karena di kepulauan itu mereka selesai SD, SMP biasanya langsung kerja atau menikah,” katanya.

“Harapan kami dengan beberapa konsep yang berbeda, memberikan motivasi kepada orang tua untuk dapat menyekolahkan anaknya karena dengan lanjut sekolah dia bisa kembali ke kampungnya untuk membuat perubahan,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulbar ABM berharap kepada para peserta kali ini, kiranya mampu menggali potensi yang ada di pulau Balakbalakang yang nantinya dapat memberikan masukan buat pemerintah Sulbar.

“Harapan saya semoga mereka dapat berhasil menjalankan ekspedisi ini. Dan semua kita mengharapkan catatan dari mereka apa yang bisa ditindaklanjuti,” tutup ABM.

#AyubKalapadang