Daftar Pejabat Gubernur Sejak Sulbar Berdiri

oleh

MAMUJU, mandarnesia.com — Oentarto Sindung Mawardi Dirjen Otonomi Daerah merupakan Pejabat (Pj) Gubernur Provinsi Sulawesi Barat yang pertama. Oentarto dilantik oleh Mendagri Hari Sabarno untuk mengawali pemerintahan awal sejak Sulbar resmi berdiri tahun 2004.

Lalu Dr. Syamsul Arief Rivai merupakan Pj Gubernur Sulbar tahun 2005-2006. Pria kelahiran Makassar, 28 Januari 1953 itu dilantik Mendagri Muhammad Ma’ruf untuk masa bakti dari 21 Oktober 2005 hingga 14 Desember 2006.

Syamsul Arief merupakan Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri saat ditugaskan sebagai Pj Gubernur di Sulawesi Barat.

Pj yang ketiga. Mendagri Tjahjo Kumolo melantik Irjen Carlo Brix Tewu sebagai Pj Gubernur Sulbar pada tanggal 30 Desember 2016 di Jakarta. Saat diamanahi sebagai Pj Carlo merupakan Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan.

Bila Drs. Akmal Malik, M.Si. diserahi amanat sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat tahun 2022 ini, ia merupakan Pj keempat untuk mengawal transisi pemerintahan Sulbar yang akan menghadapi tahapan Pemilu Serentak tahun 2024.

Saat ini Akmal Malik sedang menduduki jabatan sebagai Dirjen Otoda di Kemendagri. Namanya sangat menguat, dan mulai disebut sebagai pejabat Kemendagri yang direstui Presiden Jokowi untuk bertugas di Sulbar. (*)

*diolah dari berbagai sumber