Cara Membuat Putu Pesseq, Camilan Khas Anti Ribet

Oleh: Sherly, Mahasiswa Unasman

Laman Wikipedia.com menyebutkan bahwa Indonesia disebut juga dengan Republik Indonesia (RI) atau Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), merupakan negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia. Ada 34 Provinsi dan 7 Kepulauan di Indonesia. Ada begitu banyak kuliner yang ada di Indonesia.

Berkat keberagaman tersebut kita bisa menemukan banyak perbedaan antar daerah. Salah satunya perbedaan kuliner di setiap daerahnya. Ada begitu banyak macam olahan dengan masakan yang begitu unik.

Kuliner di Sulawesi pun juga sangat banyak ditemukan. Salah satunya kuliner yang ada di Sulawesi Barat. Seperti misalnya Jepa yang orang sering katakan sebagai Pizzanya orang mandar. Jepa sendiri berbahan dasar singkong. Biasanya para orang-orang mandar memadukan Jepa dengan Bau Piapi (Ikan Masak kunyit yang dimasak dengan kawali atau kuali tanah liat). Ada dua jenis dari jepa, dengan rasa yang tawar yang sering dipadukan dengan Bau Piapi dan juga Jepa manis yang dipadukan dengan gula merah.

Tidak hanya Jepa, ada begitu banyak kuliner Sulawasi Barat. Kuliner-kuliner di Sulawesi Barat banyak berbahan dasar tepung. Contohnya, Kue Cucur, Tetuq, Onde-onde, Roti Pawa, Apang, Bolu Paranggi, Taripang, Pasoq dan lain-lain. Ada beberapa kuliner yang ditemukan pada saat acara-acara tertentu. Seperti contohnya Kue Cucur, biasanya kue ini akkan ditemukan pada saat ada acara perkawaninan.

Ada banyak kuliner Sulawesi Barat yang sangat cocok dijadikan sebagai camilan di rumah. Misalnya Taripang, Roti Pawa, Apang, dan lain-lain. Di beberapa pasar di daerah Mandar masih ada yang menjajakan camilan-camilan Mandar. Bahkan di beberapa rumah masih menyajikan sebagai camilan sehari-hari atau menjualnya di warung mereka sendiri.

Baca Juga:  Beberapa Pasien Telah Periksa di RS Rujukan Corona, Hasilnya Negatif

Berbicara camilan tentu kita akan mencari atau ingin membuat camilan yang mudah, murah dan pastinya enak juag tak ribet. Di sini akan membahas satu camilan yang sangat mudah dibuat, bahan yang mudah ditemukan dan juga murah, juga tak ribet dalam pembuatannya. Camilan ini di sebut Putu Pesseq. Bertikut bahan sederhana yang dibutukan saat ingin membuat Putu Pesse’, bahkan bahan-bahannya cenderung mudah untuk ditemukan. Bahan-bahan tersebut antara lain: Beras Ketan, Kelapa setengah tua dan Gula merah

Cara pembuatan Putu Pesseq ini pun sangat sederhana, bahkan bisa dibuat oleh siapapun. Proses pembuatannya sebagai berikut : Pertama sangrai beras ketan sampai beras ketan tersebut menjadi agak kecoklatan, sangrai dengan api sedang. Saat menyangrai beras ketan harus diaduk terus menerus agar beras ketan tersebut kecoklatan dengan merata dan tidak hangus. Setelah beras ketan tersebut sudah disangrai, kita haluskan sampai menjadi tepung ketan. Penggunaan beras ketan yang dijadikan tepung ini agar mengahasilkan aroma tepung dengan wangi yang berbeda saat menggunakan tepung ketan yang di jual di pasaran.

Kedua, memarut kelapa setengah tua (kata orang Mandar yaitu anjoro mamata). Penggunaan kelapa setangah tua ini agar Putu Pesseq terasa gurih dan tidak kering. Jika menggunakan kelapa tua rasa Putu Pesse’ akan berbeda.

Ketiga, serut gula merah tidak halus tapi tidak terlalu kasar.

Keempat, campur ketiga bahan di atas sedikit-sedikit sampai merata, jangan kebanyakan tepung agar adonan Putu Pesseq tersebut tidak kering. Jika terlalu kering maka  adonan Putu Pesseq tersebut akan susah untuk dibentuk. Cetakan yang dipakai sesuai selera. Proses mencetak adonan Putu Pesseq inilah yang menjadi asal-usul penamaan Putu Pesseq. Pesseq dalam bahasa Mandar berarti menekan. Penekanan ini terjadi ketika adonan tersebut ingin dibentuk. Masukan adonan Putu Pesseq ke dalam cetakan yang telah disiapkan, masukan jangan terlalu banyak. Kemudian tekan-tekan adonan tersebut sampai cetakannya penuh oleh adonan Putu Pesseq. Tekan terus-menerus sampai adonan yang di dalam cetakan terasa keras dan tidak akan terhambur saat adonan Putu Pesseq dikeluarkan.

Baca Juga:  Partisipasi Pemilih Turun di Pilgub Sulbar

Ketika semua proses di atas sudah dilakukan, silahkan hidangkan Putu Pesseq bersama dengan keluarga ditemani dengan segelas kopi atau teh hangat.

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?

Gratis Berlangganan, klik Subscribe

Selamat anda telah berlangganan Gratis

There was an error while trying to send your request. Please try again.

mandarnesia.com will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.