Berebut Kursi, 849 Calon Panwascam Ikut Tes

oleh
Berebut Kursi, 849 Calon Panwascam Ikut Tes -

Laporan : Rilis – Sudirman Syarif

MAMUJU – Sebanyak 849 calon peserta Panwascam mengikuti tes tertulis yang dilaksanakan secara serentak pada enam kabupaten di Sulawesi Barat.

Untuk Kabupaten Mamuju 11 kecamatan diikuti 131 orang, Majene delapan kecamatan 85 orang, Polman 16 kecamatan 217 orang, Mamuju Tengah 5 kecamatan 50 orang, Mamuju Utara 12 kecamatan 179 orang, dan Kabupaten Mamasa 17 kecamatan 187 orang.

Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo, mengungkapkan, “Untuk menghindari potensi bocornya soal kepada sesama peserta tes tertulis. Penyeragaman hari dan waktu tes calon Panwascam akan menutup celah adanya calon Panwascam yang saling memberi informasi terkait pertanyaan pada soal yang dikerjakannya, meskipun kemungkinan antarcalon anggota Panwascam lintas kabupaten,” ungkapnya melalui rilis yang dikirim ke beberapa media, Rabu (11/10/2017).

Oleh sebab itu, tutur Sulfan, Bawaslu mengambil langkah pencegahan dengan melakukan tes tertulis secara serentak.

Lebih jauh Sulfan juga mengatakan bahwa tes tertulis ini akan menguji dan mengukur kemampuan serta wawasan calon anggota Panwascam terhadap pengetahuan kepemiluan yang dimilikinya. “Siapapun jika nilainya bagus dari peserta lainnya, maka dipastikan akan lulus di tahapan ini dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu tes wawancara oleh Panwas kabupaten.”

Sulfan menambahkan, pelaksanaan tes tertulis calon anggota Panwascam se-Sulbar dipantau langsung oleh Ombudsman Sulbar, pihak kepolisian, dan media di masing-masing kabupaten. Tiap kecamatan akan diisi tiga orang panwas.

#RisilBawasluProvinsi-SudirmanSyarif