fbpx

KPU Sulbar Dilantik Pekan Depan

Mandarnesia.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengumumkan Lima nama anggota terpilih KPU Provinsi Sulawesi Barat periode 2018-2023 pekan depan, sebelum tanggal 23 dan 24 Mei 2018.

“Antara tanggal 23 dan 24 itu sudah dilantik, jadi sebelum itu kita akan umumkan,”  kata Komisioner KPU RI, Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik Pramono Ubaid Tanthowi kepada mandarnesia.com sesaat setelah selesai melaksanakan Uji Kelayakan dan Kepatuhan 10 calon anggota KPU Sulbar di Hotel d’Maleo Mamuju, Kamis (17/5/2018) malam.

Hasil Uji Kelayakan dan Kepatuhan tersebut dibawa ke Jakarta, dan akan diputuskan oleh Tujuh Komisioner KPU RI secara lengkap dalam rapat pleno yang akan dilaksanakan pekan ini.

Baca : https://mandarnesia.com/10-calon-kpu-sulbar-jalani-fit-and-propert-test-2/

“Kami berdua hanya bertugas untuk mendalami apa kemampuan pengetahuan wawasan dari masing-masing calon,” sebut Pramono.

KPU RI juga akan melihat seluruh dokumen calon. Baik kelengkapan administrasi, hasil tes tertulis, psikologi, hasil kesehatan, hasil wawancara, dari tim seleksi dan menjadi pertimbangan.

“Penilaian kami bukan hanya didasarkan pada uji kelayakan hari ini. Tapi seluruh dokumen hasil akan kita pertimbangkan kembali,” ujarnya. “Tes hari ini belum ada gambaran sama sekali.”

Dalam uji kelayakan yang dilakukan selama tujuh jam, KPU RI menyampaikan beberapa kriteria penilaian.

“Ada beberapa kriteria penting yang diharapkan oleh KPU RI bagi kawan-kawan KPU ke depan. Pengetahuan kepemiluan, pengalaman penyelenggara Pemilu, integritas, dan kualitas kepemimpinan,” sebutnya.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting mengingat kewenangan KPU yang sangat besar.

“Kita bertujuh akan membedah masing-masing calon yang memenuhi kriteria,” lanjut Pramono.

“Belum tentu voting, biasanya musyawarah mufakat karena pemahaman kita sudah sama semua tentang kriteria-kriteria calon yang kita pilih,” pungkas Komisioner yang akrab disapa sebagai Mas Pram.

Baca Juga:  Pustaka Bergerak Indonesia Simpul Penjaga Peradaban Nusantara

Reporter: Sudirman Syarif

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: