Ngobrol Pintar Literasi ala TB Nurul Jihad Parang Bebbu

Oleh : Akbar G

(Pendiri TB Nurul Jihad Parang Bebbu, Desa Tabbinjai, Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan) .

Gowa, mandarnesia.com–TB Nurul Jihad Parang Bebbu menyelenggarakan kegiatan Ngobrol Pintar (NGOPI) Literasi. Kegiatan ini mengangkat tema “Matahari di Sudut Sulawesi”, bertempat di Masjid Nurul Jihad Parang Bebbu. (29/2/2020).

Turut hadir sebagai pemantik yakni Syawaluddin, mahasiswa UIN Alauddin Makassar dan Akbar.G, selaku pegiat literasi.

Matahari di sudut Sulawesi mengandung makna bahwa literasi itu ibarat spektrum cahaya. Kadang tersembunyi, tapi siapa pun yang membuka, dilihatnya terang benderang. Spektrum cahaya itu tersembunyi di Parang Bebbu.

Syawaluddin, menyatakan bahwa dalam menyebarkan virus literasi ada empat power yang harus dimiliki yaitu ilmu, iman, seni, dan cinta. Dengan ilmu hidup jadi mudah, dengan iman hidup jadi terarah, dengan seni hidup jadi indah, dan dengan cinta hidup jadi bahagia.

Sementara itu, Akbar dalam penuturannya mengungkapkan, bahwa sebagai seorang pemuda harus menjadi penggerak perubahan, untuk lingkungan tempat tinggalnya.

Salah satunya adalah membentuk sebuah wadah, dalam hal ini taman baca, rumah baca, atau sudut baca untuk masyarakat, agar mampu mengakses buku, demi membuka cakrawala pengetahuan baru.

Kegiatan ini dihadiri oleh pemerintah Desa Tabbinjai, tokoh pemuda sekecamatan Tombolopao, ,tokoh perempuan sekecamatan Tombolopao , tokoh masyarakat dan pegiat literasi Kabupaten Sinjai.

Seduhan hangat kopi, telah melahirkan gagasan baru, dimana setiap kepala bebas mendistribusikan pengetahuan, hingga alam Sinjai menjadi saksi, bahwa peradaban masih terawat.

Semangat literasi akan senantiasa mengakar, sebab setiap generasi akan tumbuh, dengan karakter potensi yang dimiliki, senja pun pamit perlahan-lahan, ngopi (ngobrol pintar) selesai, namun benih-benih semangat tidak akan pernah selesai, sebab akar perjuangan akan tumbuh subur, di tiap lapisan peradaban.

Baca Juga:  D. Zawawi Imron Memantik Jiwa-jiwa Sastra di Sulbar

[accept_stripe_payment name=”Berlangganan mandarnesia.com” price=”20000″ currency=”IDR” quantity=”1″ url=”mandarnesia.com” button_text=”Berlangganan mandarnesia.com” billing_address=”1″ shipping_address=”1″]

Komentar Anda
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by