Dialog Budaya di Ulang Tahun AMAN ke-21

Citizen : Akbar G
(Pendiri TB Nurul Jihad Parang Bebbu Desa Tabbinjai, Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan)

Pengurus daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Gowa (AMAN) , merayakan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HKMAN), dirangkaikan dengan acara ulang tahun Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) ke-21. Perayaan pun dikemas dalam dialog, bertempat di Arangngangia, sekretariat AMAN Gowa. Selasa, (17/03).

Bertajuk kebudayaan, dialog budaya tersebut mengangkat tema “Teguhkan tekad, Perkuat Organisasi, Meretas Tantangan, Menuju Masyarakat Adat yang Berdaulat, Mandiri dan Bermartabat” .

Energi persatuan dalam berkebudayaan pun memantik semangat, sebuah ruang dimana kebudayaan selalu menjadi bahan diskusi, yang tidak sebatas di argumentasi kan, namun penting untuk dirawat, dan dibumikan dalam segala laku diri, mengimplementasikan pranata-pranata di kehidupan sosial.

Turut hadir dalam kemeriahan acara, dari Komunitas Adat Pattalassang, Suka, Bulu Tanah, dan Balassuka serta pemuda adat yang berada di Tombolopao.

Muhlis Paraja dalam sambutannya menyampaikan “Perayaan HKMAN dan Ulang Tahun AMAN ke-21,pada tahun ini kita laksanakan dalam keprihatinan global yang sangat mendalam, terhadap semakin meluasnya penyebaran COVID-19, yang telah menelan korban jiwa di berbagai negara termasuk di Indonesia, “.

Selanjutnya, dia meminta agar merayakan hari besar ini dengan penuh suka cita dan rasa syukur atas perjalanan gerakan AMAN, sembari menyadari berbagai tantangan yang ada dihadapan kita.

Suasana berjalan teduh, nan bersahabat di dialog budaya ini, sembari menjadi ajang berdiskusi tentang kebudayaan, dimeriahkan pula dengan aksi pembacaan puisi, dari pemuda adat setempat.

Komentar Anda
Baca Juga:  Kloter 39 Calon Haji Berangkat Setelah Pemeriksaan Kesehatan
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by