Paparan dan Penyerahan Laporan Sertijab Polda Sulbar

Reprter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Paparan dan penyerahan laporan kesatuan menjadi salah satu rangkaian Sertijab Kapolda Sulbar dari pejabat lama Irjen Pol Baharudin Djafar kepada pejabat baru Brigjen Pol Eko Budi Sampurno. Kegiatan digelar di Aula Arya Guna Mapolda Sulbar, Senin (17/2).

Laporan kesatuan ini dipaparkan langsung oleh Karo Ops Kombes Pol Moch Noor Subchan dari Tahun 2017 hingga 2019. Karo Ops melaporkan situasi wilayah hukum Polda Sulbar terkait tri gatra yaitu geografi dan demografi serta sumber daya alam di Sulbar.

Disamping itu, panca gatra juga dijelas secara umum terkait Idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan Sulawesi Barat.
“Terkait keamanan alhamdulillah secara umum aman terkendali, hanya saja kerawanan bencana alam yang masih tinggi salah satunya adalah gempa di Kabupaten Mamasa,” katanya Senin (17/2/2020).

Sementara terkait Kekuatan personil Polda Sulbar dijelaskan masih sangat kurang. Jumlah personil baru terisi sebanyak 33 persen. Namun karena soliditas yang dibangun dengan baik situasi kamtibmas dapat dikendalikan. Salah satu pengembangan organisasi yang dilakukan di Sulbar yaitu pembentukan SPN di Mekkatta, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

Baharudin Djafar, M.Si menyebutkan Kapolda Sulbar termasuk salah satu taruna cerdas, sehingga peluang beliau memimpin roda organisasi sangat besar untuk lebih memajukan Sulbar.

“Selamat datang Jendral Eko Budi Sampurno di Sulawesi Barat (Sulbar). Insya Allah beliau mampu melanjutkan roda organisasi lebih baik guna mewujudkan sulbar yang malaqbi,” tuturnya.

Diakhir kesempatannya, Kapolda Maluku juga menyebutkan pesan Presiden Republik Indonesia diantaranya, Negara bisa tegak karena sinergitas TNI/Polri yang tetap solid.
Bersamaan dengan itu, Kapolda Sulbar yang baru dalam sambutannya menyatakan siap melanjutkan dan mengembangkan tugas yang telah ada demi Sulbar yang tetap malaqbi.

Baca Juga:  Dua Hari Setelah Sertijab, Kapolda Maluku Naik Pangkat Jenderal Polisi Bintang Dua

“Terimakasih jendral Baharudin Djafar telah menaruh benih yang baik di tanah yang subur ini (Sulbar). Mudah-mudahan di tempat baru Jendral tetap diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga tugas yang dilaksanakan tetap diberkahi,” tandasnya.

Sebagai penutup kegiatan, aacaran ini ditandai dengan penyerahan laporan kesatuan dari Kapolda lama Irjen Pol Baharudin Djafar kepada Kapolda baru Eko Budi Sampurno.

Komentar Anda
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by