Langkah Kecil untuk Manfaat Besar

Netizen: Muhammad Arif Majid

Kesatuan Pelajar Mahasiswa Polewali Mandar (KPM-PM) Cabang Binuang melakukan kegiatan bakti sosial ke Desa Kaleok, Kecamantan Binuang, Polewali Mandar. Kegiatan berlangsung selama satu pekan.

Saya selaku Ketua KPM-PM Cabang Binuang menganggap bahwa bakti sosial ini merupakan wujud nyata tridharma perguruan tinggi, yakninya pengabdian masyarakat. Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan KPM-PM Cabang Binuang periode 2019/2020.

Kegiatan Baksos ini baru pertama kali kita adakan di KPM-PM Binuang. Olehnya itu kita mengangkat tema langkah kecil untuk manfaat yang besar dalam membangun rasa peduli kepada masyarakat.

Ada empat item kegiatan di Baksos yang kami lakukan, mengajar, peremajaan tempat ibadah, pembuatan taman baca dan pengembangan spot wisata. Semua item kegiatan itu kami pusatkan di Wilayah Dusun Kaleok.

Misal untuk mengajar, kami lakukan di SDN Padang Kula Desa Kaleok, peremajaan tempat ibada seperti Masjid Nuruttaqwa, Gereja Khatolik dan Gereja Protestan, terus untuk pembuatan taman baca kita pilih di pekarangan kantir Desa Kaleok. Serta untuk pengembangan tempat wisata kita pilih air terjun Kadinginan untuk kita kembangkan, jaraknya kurang lebih dua kilo meter dari kantor desa.

Adapun tujuan bakti sosial ini bertujuan untuk mensosialisasikan lembaga KPM-PM Cabang Binuang kepada masyarakat, membangun hubungan emosional antara mahasiswa dengan masyarakat, serta bagaimana kita mahasiswa mampu mengembangkan dan memajukan selangkah Desa Kaleok dari sebelumnya, baik dari segi pendidikan, maupun potensi desa yang ada seperti wisata.

Dan kami juga memiliki kegiatan tambahan seperti nonton bareng setiap malam dengan masyarakat setempat, tujuannya agar hubungan emosional kita betul-betur terbangun.

Baksos yang kami adakan juga melibatkan beberapa lembaga untuk berpartisipasi. Polres Polman, Dinas Perpustakaan Arsip Kabupaten Polman, Komunitas Jendela Pendidikan, Pemuda Silopo, Komunitas Bajoe Maju, dan Pattae. Dan adapun peserta yang ikut menyukseskan kegiatan ini sekitar 30 orang.

Baca Juga:  Hatta: Wakil Ketua DPRD Harus Segera Defenitif

Dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Pemerintah Desa dan masyarakat yang terlibat langsung di lapangan untuk menyukseskan kegiatan ini. Juga tak lupa pula saya memohon maaf jika selama kegiatan berlangsung ada kesalahan atau kekeliruan yang saya lakukan.

Terakhir kami berharap agar pemerintah terus mendukung dan men-support kegiatan-kegiatan seperti ini. Guna salah satu langkah untuk memajukan dan mengembangkan daerah yang kita cintai.*

Komentar Anda
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by