Jendela Pendidikan, Ajak Anak-anak Belajar Ceria

Reporter : Karmila Bakri

A. Dwiki Nursada : Ini adalah Amanat Undang-undang

Tapango, mandarnesia.com-Semangat gerakan edukasi tak henti-hentinya digaungkan sampai ke pelosok. Aksi nyata ini dilakukan pula oleh beberapa pemuda yang tergabung dalam Komunitas Jendela Pendidikan. Bertajuk kegiatan edukasi anak dengan tema “Belajar Ceria Menggapai Cita”, dilaksanakan mulai tanggal 10-12 januari 2020 di Dusun Rombo-rombo, Desa Riso, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polman (12/1).

Mengajak enam puluh anak-anak ceria belajar di ruang terbuka, tanpa harus selalu diperhadapkan dalam ruang kelas. Salah satu gerakan inovatif dari Komunitas Jendela Pendidikan, yakni memotivasi anak agar giat belajar, dan membangun karakter pendidikan.

Beberapa item kegiatan yang dilakukan yaitu literasi baca, games ice breaking, nonton film pendidikan, dan pengembangan karakter anak.

“Antusias anak untuk belajar sangat tinggi , jadi kedepannya kami akan mengemas lagi metode pembelajaran yang lebih kreatif, berbeda dan inovatif , sehingga anak-anak tidak bosan, ” ungkap Hardianti (22) salah satu volunteer komunitas jendela pendidikan.

Keceriaan anak-anak dalam menikmati kegiatan terlihat, dengan tetap mempertahankan karakter lokalitas. Berbaur dan menyatu dengan volunteer tanpa sekat, anak-anak begitu riang gembira.

“Spirit gerakan ini tidak terlepas dari amanat undang-undang, cita-cita luhur para founder father bangsa ini dan bagian dari pengabdian untuk bangsa dan negara, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” ucap A. Dwiki Nursada sebagai penanggung jawab kegiatan.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan adek2 komunitas jendela pendidikan ,sebab sekolah yang terletak di Dusun Rombo-rombo, Desa Riso ini sangat kekurangan tenaga pengajar” tutup Aco Jufri selaku Kepala Desa Riso.

Menyemai gerakan edukasi adalah tanggung jawab bersama, kolaborasi dari setiap komponen masyarakat menjadi kunci progresif untuk membangun pendidikan berkarakter. Mengatasi problematika pendidikan adalah tanggung jawab bersama. Sukses selalu kawan-kawan Komunitas Jendela Pendidikan, salam literasi.

Komentar Anda

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by