Dukungan Penuh DPD Pembentukan Kota Mamuju

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Wakil Ketua II Komite I DPD Sulbar, Djafar Alkatiri mengaku akan mendukung penuh pembentukan Kota Mamuju dan Kabupaten Balanipa yang telah diserahkan Pemerintah Provinsi Sulbar, Selasa (3/12).

“Pembentukan kota Mamuju tidak akan sulit diwujudkan, sebab hanya melakukan peralihan status dari kabupaten menjadi kota. Juga tidak banyak memerlukan persyaratan, baik kapasitas daerah maupun administrasi daerah,” katanya, Selasa (3/12/2019).

Baca:https://mandarnesia.com/2019/12/usulan-kota-mamuju-dan-pembentukan-kabupaten-balanipa-bergulir-ke-dpd/

Dikatakan dua, pemerintah akan lebih fleksibel dikarenakan hal tersebut bukan pemekaran. Namun hanya perubahan alih status wilayah administrasi dari kabupaten menjadi kota.

“Saya kira Mamuju ini sudah memenuhi persyaratan bahkan melampaui untuk menjadi kota,” jelas dia. Djafar menyatakan, DPD RI dan DPR RI berkomitmen memberikan perhatian penuh terhadap peralihan Kabupaten Mamuju menjadi kota.

Selain Sulbar, ada tiga provinsi lainnya di Indonesia yang ibukotanya masih berstatus kabupaten, yang juga diharapkan segera beralih status menjadi kota. Papua Barat (Manokwari), Maluku Utara (Sofifi) dan Kalimantan Utara (Tanjung Selor).

“Kita berharap bukan hanya Mamuju, tiga provinsi lainnya juga sudah bisa dialihkan statusnya menjadi kota. Ini perintah dan harapan dari undang-undang,” pungkasnya.

Komentar Anda
Baca Juga:  Kemenkumham Ajak Pegawasan Semua Pihak
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by