fbpx

Bimbingan Perpustakaan Digital di Desa Kuajang

Reporter : Busriadi Bustamin

POLEWALI,mandarnesia.com-Seiring perkembangan zaman, teknologi pun semakin canggih. Salah satunya dengan meningkatkan minat baca melalui Teknologi Digital Library.

Teknologi Digital Library diperkenalkan oleh PKM Teknologi kepada kelompok Kelompok Perpustakaan Kampung Pendidikan, sebagai upaya meningkatkan aksesibilitas masyarakat Desa Kuajang Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, bekerjasama Universitas Terbuka (UT) dab Universitas Al Asyariah Mandar, yang diadakan beberapa waktu lalu.

Ketua Kelompok Pemuda Kampung Pendidikan, Hasan, mengatakan, tantangan perpustakaan di era digital semakin banyak. Perpustakaan kini tak lagi hanya bangga dengan banyaknya tumpukan koleksi di raknya. Karena perilaku pencarian informasi pemakai yang dilayani juga mengalami perubahan seiring dengan kemajuan teknologi informasi.

“Agar perpustakaan tetap eksis sesuai dengan kemajuan teknologi, maka harus mampu mengembangkan diri. Salah satunya adalah dengan membangun perpustakaan digital. Untuk membangun  digital libraries, diperlukan pertimbangan dan perencanaan yang matang, agar nantinya benar-benar bermanfaat bagi pemakai,” kata Hasan, Kamis (7/10/2019).

Menurutnya, adanya pelatihan program teknologi perpustakaan digital pada mitra Kelompok Perpustakaan Kampung Pendidikan menjadi pilot project. Dan percontohan bagi kegiatan-kegiatan kemitraan di desa-desa lainnya dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

“Dalam rangka peningkatan aksesibilitas yang mengarah ke minat baca tidak hanya di Desa Kuajang, tapi seluruh lapisan masyarakat dari segala usia, dari berbagai jenis latar belakang sosial,” jelas Hasan.

“Pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan mulai bulan Juni 2019 sampai dengan bulan Agustus 2019. Yang langsung di ketuai oleh Safriansyah, dengan narasumber lainnya, yakni  Arifin T, Nur Hafsah Yunus, Muhammad Syarli, dan Wahyuddin,” sambungnya.

Foto : Ist

error: Content is protected !!