fbpx

Besok, Zawawi Imron Bakal Hadir di Festival Sastra Mandar

Reporter : Busriadi Bustamin

POLEWALI,mandarnesia.com-Komisariat HISKI Sulawesi Barat akan menggelar Festival Sastra Mandar, selama tiga hari. Dimulai besok, Sabtu hingga Senin (9-11/11/2019) mendatang di Aula Kampus Unasman.

Ketua Panitia Pelaksan Ahmad Ridhai Azis menuturkan, Festival Sastra Mandar merupakan salah satu program kerja HISKI Komisariat Sulawesi Barat. Festival tersebut diberi tema “Menisik Masa Depan Sastra Mandar”.

“Dengan harapan, ketika kita telah mampu menisik masa depan tersebut secara bersama-sama, berarti telah ada kemauan untuk memajukan dan melestarikan kesusastraan yang ada di Mandar,” tutur ┬áRidhai, Jumat (8/11/2019).

Acara Festival tersebut diharapkan mampu menjadi pemantik terkhusus bagi para pelaku pendidik dan pemerhati sastra serta birokrasi agar tidak memandang sebelah mata kesusatraan Mandar. Produk yang ingin dihasilkan dari festival tersebut adalah sebuah konsep besar untuk membawa kesusastraan Mandar ke dalam pendidikan formal terutama di pendidikan SD, SMP, dan SMA atau sederajat.

“Konsep tersebut dapat dilahirkan dari rangkaian kegiatan yang telah diagendakan secara bersama-sama. Pada pembukaan Sabtu, 9 November 2019, Kiyai D Zawawi Imron akan menyempatkan hadir dalam kegiatan tersebut untuk menyampaikan orasi sastra. Pelibatan masyarakat pada umumnya pun tentu menjadi pelengkap utama yang akan membantu dan menjadi bingkai bagi perjalanan HISKI Komisariat Sulawesi Barat,” jelasnya.

Terakhir, kata Ridhai, sebuah pertanyaan muncul di antara pemerhati sastra, ‘mengapa festival itu diadakan di kampus, padahal sasaran utamanya adalah masyarakat pada umumnya?

“Kita memulai festival tersebut dari kampus bahwa HISKI memang lahir dari kampus. Mereka terdiri atas sarjana sastra yang memiliki visi misi yang sama. Kampus hanyalah pemberangkatan awal yang selanjutnya akan terjun ke masyarakat untuk mengabdi dan berharap menjadi pembaharu sastra terkhusus yang ada di Mandar,” pungkasnya.

error: Content is protected !!