Bakal Desain Pariwisata Bambangan Lebih Menarik

Reporter : Busriadi Bustamin

MALUNDA,mandarnesia.com-Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Kamis (21/11/2019) mendatang.

Sebelum pemilihan berlangsung, sejumlah cakades menyampaikan visi misi mereka. Salah satunya Cakades Bambangan, Saifuddin (incumbent) dari nomor urut 1 dan Sumarno nomor urut 2.

Cakades nomor urut 1 Saifuddin, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Panitia Penyelanggara Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Bambangan.

“Karena ini baru pertama kalinya cakades menyampaikan visi misinya. Sehingga masyarakat bisa mengetahui gambaran bahwa visi misi inilah yang akan dilakukan,” ujar  Saifuddin, usai acara di pelataran Kantor Desa Bambangan, Ahad (17/11/2019).

Menurutnya, ada beberapa visi misi yang akan dilakukan jika masyarakat masih memberikan amanah sebagai Kepala Desa Bambangan. Tentunya hal-hal yang dianggap bermanfaat buat masyarakat tetap dilanjutkan.

“Yang belum terlaksana tentunya akan tetap dilaksanakan pada periode mendatang jika masih diberi amanah oleh masyarakat. Insya Allah program prioritas kita ke depan adalah peningkatan sumber daya manusia dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” katanya.

Kalau berbicara persoalan peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat, secara tidak langsung akan inklud dengan pengembangan pariwisata di Desa Bambangan.

“Karena kalau pariwisatanya bagus, ekonominya bagus, dan bisa dinikmati oleh masyarakat banyak, saya kira perekonimian masyarakat Desa Bambangan bisa lebih meningkat. Insya Allah ke depan kita akan desain pariwisata Desa Bambangan sedemikian rupa. Agar bisa dinikmati semua orang,” jelasnya.

Terkait salah satu potensi Desa Bambangan sebagai penghasil buah durian, lanjut Saifuddin, bahwa proses penanaman bibit durian tengah berjalan. Hanya saja masih perlu ditingkatkan.

“Pohon durian yang sudah tua, kita gantikan dengan penanaman pohon durian yang baru. Kita akan susbsidi masyarakat untuk pupuk dan bibit durian dari luar. Tentu juga kita maksimalkan bibit lokal agar ciri khas Desa Bambangan bisa berlanjut,” imbuhnya.

“Paling penting ke depan, buah durian juga kita upayakan kemas sedemikian rupa supaya bukan hanya barang mentahnya yang tersedia, tapi barang yang sudah diolah. Jadi kita akan adakan pelatihan nanti mengemas durian agar bisa dipasarkan, misalnya di pasar modern atau di tempat lain,” sambungnya.

Calon nomor urut 2 Sumarno menyampaikan, visi yang bakal dilakukan jika nantinya ia terpilih menjadi kepala Desa Bambangan, yakni mewujudkan masyarakat Desa Bambangan yang adil, makmur sejahtera dan religius. Sedangkan misi, diantaranya mandiri sesuai sumber daya alam, pemerataan pembangunan yang apik secara merata, serta menghidupkan lembaga pendidikan dan lembaga keagamaan.

Di sesi terakhir penyampaikan visi misi, masing-masing calon berharap, Pilkades Bambangan bisa berjalan dengan aman, kondusif dan lancar.

Acara visi misi dihadiri, Ketua BPBD Bambangan bersama anggota, Babinsa, Babinkabtimas, Kepala KUA Malunda, Ketua PPKD Bambangan, tokoh agama, tokoh pendidik, tokoh adat, dan tokoh perempuan.

Sesuai tahapan pilkades, tepat pukul 24.00 Wita atau Ahad, (17/11/2019) masa kampanye cakades telah berakhir.

Foto : Busriadi Bustamin

Komentar Anda

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by