fbpx

SMA di Polman Gunakan e-Voting dan e-Rekap Pemilihan Ketua Osis

Reporter: Sudirman Syarif

MAJENE, mandarnesia.com — Melek teknologi, SMAN 1 Alu, Polewali Mandar menggelar pemilihan ketua osis dan wakil menggunakan metode e-voting dan e-rekap. Gebrakan ini menjadikan SMA ini sebagai sekolah pertama di Sulbar yang menggunakan teknologi dalam pemilihan.

Ketua KPU Kabupaten Polman Rudianto yang melakukan pemantauan ke sekolah tersebut mengatakan, penggunaan metode ini cukup efektif.

“Salah satunya karena tidak ada lagi suara tidak sah. Di layar monito pemilih hanya dapat memilih satu kali foto calon yang tertera di layar,” katanya kepada mandarnesia.com, Selasa (15/10/2019).

Dijelaskannya, penggunaan metode pemungutan suara secara elektronik (e-voting), pemilih menentukan calon dengan cara mengklik gambar calon di monitor. “Mereka klik salah satu calon dan otomatis terekap. Karena ada dua metode yang digunakan rekapitlasi elektronik (e-rekap) dan e-voting.”

Penggunaan metode ini, pihak sekolah memakai server off line. Jadi tidak bergantung pada koneksi jaringan.

“E-rekap punya efesiense dan efektif dari segi waktu, lebih cepat selesai. Hasilnya bisa langsung ditampilkan, dibandingkan dengan rekap manual, yang bisa berhari-hari,” tutupnya.

error: Content is protected !!