fbpx

Himagrotek Unasman Petik Berkah 10 Muharam

Reporter : Karmila Bakri

POLEWALI MANDAR, mandarnesia.com — Perhelatan 10 Muharam dilaksanakan dengan berbagai bentuk ekspresi keagamaan. Ummat Islam ada yang berpuasa disertai dengan melakukan Istigasah dan do’a bersama. Momentum Bulan muharam dimaknai pula sebagai tahun baru Islam 1441 Hijriah dan memahami sejarah peristiwa yang dialami para Nabi.

Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (Himagrotek) Fakultas Pertanian Unasman memperingati bulan 10 muharam dengan mengusung tema hikmah bulan muharam, Senin (9/9) di Sekertariat Himagrotek Jalan Pembangunan Berlanjut, BTN Pesona Taman Madatte, Polewali Mandar.

Berderet menu dihidangkan berupa bubur kacang hijau, songkol berwarna dan berbagai jenis pisang. Hadir pula beberapa tamu baik dari internal UKM kampus Unasman maupun organisasi ekstra kampus, beserta kalangan komunitas.

“Agenda 10 muharam senantiasa dilaksanakan rutin tiap tahun oleh adik-adik mahasiswa Himagrotek Unasman, serta dijadikan pula sebagai ajang silaturahmi antara alumni,” ungkap Harli A. Karim Ketua Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Al Asy’ariah Mandar, Selasa (10/9/2019).

Momentum tersebut mempererat hubungan emosional antara senior dan junior, seperti tradisi maulid tradisi 10 muharam pun tidak pernah alpa dilaksanakan. Hal ini tidak terlepas dari background Universitas Al Asy’ariah Mandar yang berbasis NU.

“Sepuluh Muharam sebagai kewajiban besar ummat Islam, dengan melihat ulama-ulama kita sampai saat ini budaya-budaya dan tradisi masih terus dilaksanakan,” ungkap Ketua HMJ Himagrotek Unasman Ruslan.

Sebagai generasi Aswaja tetap merawat kebiasaan-kebiasaan para ulama-ulama terdahulu, merawat tradisi sebagai keyakinan mendapatkan berkah di bulan 10 muharam. “Untuk itu kami menjadikan momentum ini sebagai agenda tahunan,” tutup Ruslan.

error: Content is protected !!