fbpx

Akuntabilitas Kinerja Pemerintah di Sulbar yang Masih Rendah

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Tahun 2018 Provinsi Sulawesi Barat mendapatkan predikat CC dari hasil evaluasi dan nilai pelaksanaan RB dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dikeluarkan Kementerian Pan RB. Hasil penilaian Sulbar masing-masing mencapai angka 57,46 dan 56,84.

Capaian tersebut jauh dari harapkan Pemerintah Sulawesi Barat, diperlukan perbaikan peningkatan nilai pelaksanaan RB dan SAKIP.

Baca:https://mandarnesia.com/2019/09/pan-rb-kunjungi-sulbar-pantau-perkembangan-akuntabilitas-kinerja/

“Kami sadari bahwa nilai ini masih jauh dari yang diharapkan, untuk itu kita berupaya melakukan perbaikan-perbaikan aspek yang mendukung meningkatnya penilaian RB dan SAKIP,” kata Idris, Selasa (10/9/2019).

Pemerintah Sulbar telah melakukan perbaikan mendasar mulai dari dokumen perencanaan, pelaporan, evaluasi internal, hingga capaian kinerja. Perbaikan yang telah dilaksanakan, baik dari provinsi maupun kabupaten dapat meningkatkan nilai RB dan SAKIP.

Dijelaskan Idris saat membuka acara evaluasi implementasi SAKIP dan RB Pemprov dan Pemkab di Grand Maleo Hotel Mamuju, upaya yang dilakukan tidak terlalu sulit.

“Jika komitmen perbaikan, ini betul-betul diperkuat oleh berbagai pihak dan komponen yang diharapkan bisa mendukung pencapaian keterukuran kinerja RB dan SAKIP,” tutup Idris.

error: Content is protected !!