Putri, Warga Dusun Bombang, Buta Warna Bendera RI

Reporter: Karmila Bakri

Bulo, mandarnesia.com-Putri tidak mengenal warna bendera Indonesia di Hari Kemerdekaan RI ke 74. Putri terlahir di Dusun Bombang, Desa Patambanua, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar.

Semarak HUT RI ke 74 diwarnai berbagai kegiatan, mulai dari pengibaran bendera di udara, pegunungan, laut bahkan ada juga yang mengibarkan sampai ke puncak gunung tertinggi.

Gabungan komunitas pegiat literasi, beberapa mahasiswa dari UKM kampus, pegiat seni di Polewali Mandar, mereka merayakan hari kemerdekaan dalam kemasan kegiatan Literacy Camp Jilid 2 di Dusun Bombang, Desa Patambanua, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polman. Gerakan ini sebagai bentuk kecintaan terhadap tanah air Indonesia.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 15-18 berberapa item kegiatan yaitu mengajar baca tulis, upacara bendera, pementasan seni berbagai komunitas, dan dimeriahkan pula dengan musik passayang-sayang dari warga kampung.

Menggelitik rasa haru saat volunteer komunitas menanyakan warna bendera ke Putri, sungguh tidak mengenal warna bendera RI.

“Saya sangat sedih melihat adik-adik di Dusun Bombang, jangankan membaca menulis abjad, warna saja mereka hampir rata-rata tidak mengenal, ” ungkap Lia perwakilan komunitas Bala Tau Art

Kegiatan mengajar dilaksanakan 2 hari tanggal 15 – 16. ” Sekolah kelas jauh ini tingkatan kelas 1 sampai kelas 3, pernah aktif selama 3 bulan setelah itu proses pembelajaran mati, ” Urai Tanda M selaku masyarakat Dusun Bombang

Beberapa buku-buku bacaan anak didonasikan, “buku-buku tersebut dibagikan ke adik-adik, minimal mereka bisa melihat jenis-jenis huruf pada saat dia ingin menulis di rumahnya, ini adalah keresahan bersama, tinggal menunggu kesiapan perwakilan komunitas untuk berkunjung sekali sebulan datang ke Bombang mengajar adik-adik, ” Tutup Elna perwakilan komunitas ALTAR.

Harapan pun terbesit dibenak para pegiat literasi untuk senantiasa mengabdikan diri minimal sekali sebulan memberi supplemen edukasi baca tulis.

Baca Juga:  Profil Singkat Komisioner KPU Provinsi Sulbar 2018-2023

Dusun Bombang juga anak kandung ibu pertiwi sudah selayaknya Putri dan kawan-kawannya mengenal bendera Merah Putih, serta mengejar cita-citanya.

Dirgahayu RI Ke 74

Komentar Anda
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by