fbpx

Puluhan Guru SD Mengikuti TOT Program Sekolah Sehat

Reporter : Karmila Bakri

POLEWALI, mandarnesia.com-Training of trainers shcool health (TOT sekolah sehat) diadakan di aula dinas lingkungan hidup dan kehutanan Polewali Mandar (24/8).

Sekolah sehat merupakan suatu program corporate social responsibility (CSR) PT. Unilever Indonesia bekerjasama dengan YPN (Yayasan Peduli Negeri).

Kegiatan Training of trainers (TOT) sekolah sehat bertujuan menciptakan peserta didik sebagai agen perubahan sejak dini, terwujudnya central edukasi swadaya masyarakat melalui program sekolah sehat. Demi untuk merealisasikan sekolah berwawasan lingkungan secara berkelanjutan, menuju sekolah adiwiyata.

Peserta TOT yakni utusan perwakilan guru-guru SD dilatih untuk menerapkan tujuh pembiasaan yang ada dalam program sekolah sehat. Mulai dari cuci tangan pakai sabun, gosok gigi, makan makanan bergizi, mengelolah sampah, minum air bersih, bebas kuman, dan langkah-langkah menjaga kebersihan lingkungan.

Hadir dipembukaan acara yakni Nurman selaku kepala bidang Dikjar, dan Rahmin selaku kepala dinas LHK Polewali Mandar. Adapun peserta pelatihan dihadiri perwakilan 77 guru SD dari beberapa kecamatan, DLHK dalam kegiatan ini selaku panitia lokal.

“Kami mewakili pemerintah kabupaten menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Yayasan Peduli Negeri atas kesediaannya melaksanakan program sekolah sehat di Kab. Polman Sejak tahun 2017 hingga saat ini yang mana telah dilaksanakan 16 kecamatan, ” ungkap Hikmah selaku Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas LH DLHK Polman.

“Program ini bukan berakhir saat TOT saja, namun YPN bersama dinas terkait terus melakukan pemantauan terkait implementasi. Setiap sekolah diminta mendokumentasikan pelaksanaan program ini dan melaporkan melalui group WA sekolah sehat sehingga dpt dimonitor baik dari YPN maupun tim di kabupaten, ” tambah Hikmah.

“Program ini memberikan kontribusi besar kepada generasi kita kedepan utamanya untuk berprilaku sehat sejak dini. Jika siswa sehat mereka dapat mengikuti pembelajaran dengan lancar begitu juga dengan guru-guru harus terus memberi contoh dan teladan kepada siswa untuk menerapkan PHBS di sekolah, ” tutup Hikmah

error: Content is protected !!