fbpx

Kwarcab Majene Upacara Ulang Janji di Hari Jadi Pramuka

Netizen : Muh. Didin Fakhruddin

Sehari menjelang peringatan HUT Gerakan Pramuka, tradisi pelaksanaan upacara ulang janji diselenggarakan oleh anggota pramuka di seluruh Indonesia

Dalam rangka peringatan hari jadi pramuka 14 agustus 2019, kwartir cabang (Kwarcab) Majene melaksanakan upacara ulang janji di halaman SMPN 3 Majene, Selasa (13/08/2019) malam.

Puluhan anggota pramuka dari tingkat penggalang, penegak, hingga para andalan cabang Majene hadir dalam upacara yang diwarnai suasana keheningan.

Ketua kwartir cabang gerakan pramuka Majene, Fahmi Massiara selaku pembina upacara ulang janji, mengatakan ” selamat ulang tahun pramuka yang ke 58 tahun semoga setiap tahun bisa melahirkan kader-kader yang selalu mengingat kembali dasa dharma dan tri satya, serta mampu mengamalkan ke dalam kehidupan bermasyarakat”.

Sebelum pelaksanaan ulang janji, Fahmi Massiara juga menganjurkan kepada seluruh anggota pramuka untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan, khususnya mereka yang telah berjasa dalam mendirikan gerakan pramuka.

“Pegang ujung Sang Saka Merah Putih dengan tangan kanan, genggam dan letakkan pada dada sebelah kiri. Tangan kiri memegang pundak rekan di sebelah adik-adik,” ujar Maki selaku kakak pembina mengawal prosesi ulang janji.

Saat ulang janji diucapkan, suasana semakin hening. Seluruh peserta upacara dengan lantang mengikuti ucapan sumpah, dipandu langsung oleh Ka. Kwarcab.

Bunyi sumpah yakni tri satya, demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mengamalkan Pancasila. Menolong sesama hidup, dan ikut serta membangun masyarakat. Menepati dasa dharma.

Dalam pesannya Fahmi Massiara meminta kepada seluruh anggota pramuka yang hadir agar selalu semangat untuk terus membangkitkan kepramukaan dan mengamalkan tri satya dan dasa dharma pramuka, dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dan itu harus dibuktikan.

Setelah upacara ulang janji dilaksanakan seluruh kakak pembina saling berjabat tangan dengan peserta sebagai bentuk persatuan, persahabatan,persaudaraan dan lebih utama adalah menjaga hubungan emosional sesama anggota pramuka.

*Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fak. Dakwah & Komunikasi UIN Alauddin Makassar*

error: Content is protected !!